Minggu, 31 Oktober 2010

Hymne Universitas Indonesia



Almamaterku setia berjasa
Universitas Indonesia

Jumat, 29 Oktober 2010

Sky, Sky, Sky...!!!


Langit...
mengandung beragam imajinasi dengan pesonanya ..
mengandung beragam misteri warna-warna ajaibnya ..

that's why I like it..!! :)

great..! Isn't it..??

Selasa, 26 Oktober 2010

From Cat Stevens to Yusuf Islam


Hermawan Aksan (mizania) Bandung, 2008

Dalam usia yang masih sangat belia, dia telah mendapatkan segalanya. Popularitas, harta kekayaan yang melimpah, ketampanan, suara emas, serta dipuja oleh banyak orang. Kegigihannya dalam bidang tarik suara telah membuatnya mendapatkan semua itu. Dia mendapatkan hampir semua yang diinginkan oleh manusia modern dalam usia yang sangat muda.

Minggu, 24 Oktober 2010

Bukokom.com, Ketika Budaya Masuk Ranah Teknologi



Teman-teman semua tentu telah mengetahui yang namanya facebook kan..? Ya, sebuah situs jejaring sosial yang sukses meraih jutaan dolar setiap bulannya. Jejaring sosial yang paling banyak digunakan saat ini. ‘Situs Biru’ yang mungkin seringkali kita gunakan hingga saat ini.
Nah, di Tasikmalaya terdapat suatu situs jejaring sosial yang baru dan tentunya tidak kalah menarik dengan facebook yang semakin mendunia. Bukokom.com, adalah situs jejaring sosial sekaligus situs informasi yang tidak kalah fitur-fiturnya dengan facebook.com.

Bumi Cinta

Habiburrahman El Shirazy (Author Publishing)
Semarang, 2010


Jika biasanya kita mendapatkan suasana gersang nan hangat khas Mesir melalui karya-karya Habiburrahman El Shirazy, kali ini kita akan mendapatkan suasana dingin dan mencekam. Tidak seperti biasanya, Kang Abik yang dikenal sangat jago dalam menggambarkan lokasi Mesir dalam pilihan katanya yang menyihir kali ini memilih Rusia sebagai latar belakang novelnya.

Ayat Ayat Cinta



Habiburrahman El Shirazy (Penerbit Republika)
Jakarta, 2004
Fenomenal. Novel yang satu ini memang fenomenal. Menjadi salah satu novel yang paling banyak diburu di Indonesia. Bahkan diangkat menjadi sebuah film, sehingga diikuti oleh film-film lain yang diangkat dari sebuah novel. Habibburahman El Shirazy memang penulis jempolan yang memiliki ciri khas dalam setiap karya-karyanya.

Sabtu, 23 Oktober 2010

Chapter 3 - 6 for 6th Generation..!!



“Ah jadi ingat.. Dulu khan awalnya hanya aku dan Fathir yang akan ikut serta..” ucap Nuri.
“Iya.. Sampai-sampai Pak Shalih selalu bilang, ‘Fathir menyesal, yang ikut jadi ramai ke Bangka’.. Tadinya kalian hanya bertiga yang akan kesana, khan?” ejek Fifi. Aku hanya tersenyum.
“Tapi bagaimanapun juga, aku harus berterimakasih kepada Fathir ini.. Asalnya aku samasekali tidak kepikiran bakalan ikut ke Bangka.. Eh, dia malah ‘nyulik’ aku waktu di ruang Pak Shalih..” lanjutnya.

Masa Muda . . . (Hehehe)


jalan-jalan bersama di Jakarta...
di Boscha Bandung...

Berpetualang di Bogor..!!

Setelah melewati sekitar 6 tempat study di daerah Bandung-Jakarta, kini giliran daerah Bogor dijajal. Perjalanan menuju Bogor cukup lama. Kami berangkat dari Kedubes pukul 12.30 WIB. Kami menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Sampai di Bogor, sekitar pukul 15.30 WIB. Sampai di IPB, kami langsung disambut di Balai IPB, dan disuguhi bermacam-macam info tentang Institut Pertanian Bogor ini.



Kedubes Malaysia..!!

Setelah puas dengan Bandung-Depok-Jakarta, kami berangkat menuju daerah Bogor. Tapi, sebelumnya kami berangkat menuju hotel Puspitek di Serpong, Tanggerang. Kami menginap di hotel yang berada di dalam Puspitek Indonesia Serpong ini. Fasilitas disini sangat menunjang. Namun, karena dalam satu kamar yang harusnya hanya bertiga tapi dijadikan berlima, terasa kurang juga. Kami check-in ke Hotel sekitar pukul 21.00 WIB. Istirahat disana sangat nyaman. Para siswa yang dijadwalkan check-out pukul 07.00 WIB ternyata check-out sekitar jam 8 pagi. Pagi itu, kami siap meninggalkan hotel sekitar jam 8 pagi. Sebelum berangkat, kami dikumpulkan terlebih dahulu untuk melaksanakan pengarahan dan pembacaan Asma’ul Husna.


Dufan Mengasyikkan..!!

Yaph, inilah saat-saat yang paling dinanti seluruh siswa dan siswi SMA Al-Muttaqin dalam rangkaian Wisata Ilmiah tahun ini. Dunia Fantasi..!!! Yes..!! Persiapan dilakukan dengan matang. Namun tampaknya seluruh siswa sudah tidak sabar menyambut Dunia Fantasi. Hhhh… Jadi nggak sabar nih..

Menara 165 ESQ, butuh dana sekitar 350 Milyar..!!!!

Tour selanjutnya adalah menuju Gedung Menara 165 ESQ. Ya, sekedar info, ESQ adalah pelatihan jiwa. Disini kita akan mendapatkan keseimbangan antara kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual. Training yang diprakarsai Bapak Ary Ginanjar ini memiliki target Indonesia Emas 2020. Kami sampai di Menara 165 sekitar pada pukul 12.45 WIB. Kami melakukan Shalat Dzuhur dan Ashar di Masjid Baitul Hikmah, di dekat gedung Menara 165 sana. Di Masjid yang diresmikan oleh Direktur PT ELNUSA pada 9 September 1999 itu tampaknya rutin diadakan kegiatan tausyah ba’da Dzuhur. Pada kesempatan itu, saya sedikit mendengar Tausyah yang disampaikan tentang Palestina. Ternyata kejadian ini sudah ‘diskenario’ oleh orang-orang pasukan syetan semenjak zaman Raja Namrud dahulu. Sejarahnya sangat panjang sekali.

UI, Universitas Impianku..!!!

Esok harinya, kami (saya dan teman-teman sekamar saya) kesiangan. Saya baru terbangun pada pukul 05.30 WIB. Itu pun saya yang paling cepat bangunnya. Teman-teman sekamar saya baru Shalat Subuh pada pukul 6 pagi (haha.. Buka kedok nih.. hehe..). Kami menjadi tim sekamar yang ‘paling pagi’ sampai di Masjid untuk tausyah dan pengarahan pagi itu. Kami berangkat menuju kantin UI untuk sarapan pagi pada pukul 07.30 WID (Waktu Indonesia Depok), dan sampai di kantin UI pada pukul 08.30 WID. Sampai disana perut yang sudah tidak bisa diajak kompromi langsung menyambar makanan yang disediakan. Hhh.. Kenyang deh. Kami sempat ber-narsis-ria di depan Asrama UI. Kebetulan disana sedang ada bus kuning. Bus ini dikhususkan bagi seluruh Mahasiswa UI. Gratis. Karena ukuran kampus Depok yang memang sangat-sangat besar, maka UI mengadakan fasilitas bus Kuning, yaitu untuk mengantar mahasiswa untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain di UI. Keren yah..? Oh iya, pada tanggal 21 Januari ini ada temen yang Ulang Tahun loh.. Seinget saya ada 3 orang gitu deh.. Selamat Ultah aja ya..!! Hehe..

Second Day : Jakarta I'm Coming..!!

Kami berangkat ke Jakarta pada pukul 19.00 WIB. Padahal, di kami dijadwalkan sampai di Jakarta dan check-in di hotel P3G pada jam 19.00 WIB. Di jalan, bus kami suasana ramai sangat terasa. Ada pengamen masuk ke Bus kami. Dasar anak-anak cowok, gokilnya edun. Si pengamen itu ditawan dan dipaksa bernyanyi beberapa lagu baru ‘dilepas’ oleh kami. Hehe.. Di perjalanan kami setelah si Pengamen pergi tidak kalah ramai. Karena, di Bus kami ada bapak guru yang sangat jago bermain gitar. Ya.. Bapak Wildan Tanjung..!! Hehe.. Suasana di Bus seolah menjadi suasana perkemahan yang bernyanyi-nyanyi di tengah api unggun. Beliau memang aktifis pramuka, jadi sudah terbiasa membuat suasana hangat seperti itu. Rame deh..!!

Kasus Bis 2..!!

Selesai shalat, kami kembali menuju Bus kami. Di bus, kami masih harus menunggu beberapa lama lagi. Namun akhirnya, bus kami berhasil ‘hidup’ kembali dan kami-pun melanjutkan perjalanan. Namun dasar lagi apes, atau memang teguran Allah kepada kami karena kami lupa membaca do’a naik kendaraan, di tengah perjalanan bus kami itu mogok lagi. Hhhh… Karena waktu yang sudah sangat mepet, Bus 4 akhirnya terpaksa meninggalkan bus kami. Jadwal yang sedianya pukul 15.00 WIB itu pun ngaret beberapa lama. Kami, bus 2, sendiri baru sampai di Universitas Pendidikan Indonesia pada pukul 17.00 WIB. Ngaret 2 jam. Hhh… Alhasil, kami tertinggal presentase dari UPI Bandung. Kalau mau info dari UPI, bisa dilihat di www.upi.ac.id.

ITB : Jangan Takut Mahal, Kuliah mah..!!


Kami sampai di ITB pada pukul 14.13 WIB. Disana kami langsung disambut oleh pembantu rektorat bagian Humas. Disana, seperti di Universitas lainnya, kami langsung disuguhi sejarah Institut yang dulunya adalah Fakultas Teknik dari Universitas Indonesia ini. Sebenarnya, Institut tempat dimana presiden pertama kita mendapat gelar ‘Ir.’ ini dilahirkan pada tahun 1920. Namun, pada tahun 1950, mereka bergabung bersama dengan Universitas Indonesia, dan menjadi Fakultas Teknik di UI. Barulah pada 1959, Institut tempat berdirinya masjid Salman ini melepaskan diri dari Universitas Indonesia dan merubah namanya menjadi Institut Teknologi Bandungseperti yang kita tahu saat ini.

Presentasi Unpad, nyamannya.....

Next, kami melanjutkan perjalanan menuju Gedung Rektorat Universitas Padjajaran Bandung. Namun di tengah perjalanan bus kami, bus 2, mengalami kendala sehingga kami harus berhenti di jalan tol pada sekitar pukul 11.00 WIB. Untunglah, kerusakan tidak terlalu parah sehingga kami dapat kembali melanjutkan perjalanan dan sampai di Gedung Rektorat UNPAD pada sekitar pukul 12.00 WIB.

Di Universitas yang FISIPnya terkenal ini, kami disambut ramah dan langsung disambut di gedung mewah yang katanya untuk wisuda para lulusannya. Dan yang paling asik, kami diberi suguhan berupa beberapa kue dan pengganjal perut. Maklum, kami belum sempat makan siang hari itu. Hehe.. Sampai disana, Kepala Sekolah kita tercinta, Bapak Dedi Sugandi memberikan sambutan sekaligus tujuan diadakannya Wisata Kampus ini kepada tim rektorat bagian Humas UNPAD.

Tujuan Pertama, Bandung..!!!

Di perjalanan, hampir seluruh siswa maupun siswi tertidur pulas. Tiba-tiba kami dibangunkan pada sekitar pukul 04.00 WIB, esok harinya. Kami bertanya-tanya, dimana ini? Oh, ternyata ini adalah tempat pemberhentian kami yang pertama. Masjid Al-Mahdiyyin yang bertempat di daerah Nagreg-Tasik di Bandung. Kami disana untuk melaksanakan Shalat Subuh berjama’ah dan bersiap-siap menuju tujuan selanjutnya. Eh, sedikit cerita nih, waktu sampai disana sekitar jam 4 subuh, ternyata para akhwat sudah banyak yang mandi lo.. Brrr.. Pasti dingin... Saya sendiri mandi di WC Masjid tersebut segera setelah Shalat Subuh berjama’ah. Yach, sekitar pukul 05.00 WIB lah..

Persiapan Study Tour

Sebelum kita cerita-cerita tentang wisata ilmiah ini, yuk flash back ke beberapa bulan lalu. Ya, berita tentang Wisata Ilmiah ini sudah dikabarkan semenjak pertengahan semester pertama lalu. Yah, sekitar bulan Oktober gitu lah (Kalo salah, afwan yah..!!). Semenjak semester pertama, tim sekolah terus-menerus mempersiapkan diri untuk menghadapi Wisata Ilmiah ini. Yah, bisa dibilang persiapannya matang lah. Mulai dari pemberitahuan wajib menabung 20 kali di Tabungan KopSis, diadakan jajak pendapat, dan rapat-rapat dengan orang tua siswa. Akhirnya, diputuskan bahwa Wisata Ilmiah tahun 2009 ini diadakan ke jalur Perguruan Tinggi wilayah Jawa ke arah Barat. Ya, dari Bandung, Bogor, dan Jakarta. Dan biaya yang dibebankan kepada orang-tua kita adalah senilai Rp.465.000,00. Terhitung lumayan murah jika mengingat lamanya wisata ilmiah adalah selama 4 hari dan 4 malam. Dan untuk menjaga-jaga spekulasi banyaknya siswa yang tidak ikut dan akan menambah biaya perorangan, Sekolah mengambil kebijakan bahwa siswa yang tidak ikut-pun wajib membayar biaya tersebut.

Opening

Waktu ngebuka folder-folder lama, gak sengaja ane ngeliat file tentang Study Tour pertama di SMA Al-Muttaqin.. Ya, di SMA Al-Muttaqin, gak hanya kelas 12 aja yang ikutan Study Tour.. Kelas 11 dan kelas 10 juga ikutan Study Tour..

Study Tour di SMA Al-Muttaqin biasanya ganti arah setiap tahunnya. Arah Barat dan Arah Timur. Di arah barat, kita biasanya ke Jakarta. Nah kalau arah timur bisa sampai Jawa Timur.

Hmm.. Jadi kangen nih momen itu.. Baca yuk artikelnya..!!

Andai Aku Seorang Guru ...

Andaikan saja, aku menjadi guru. Mungkin aku tak akan banyak berharap pada para pejabat, untuk membenahi bangsa yang kacau ini. Malah, mereka yang akan berharap kepadaku. Berharap aku dapat menghasilkan pemuda-pemuda terbaik untuk negeri ini. Untuk memperbaiki bangsa yang kacau ini. Menghasilkan pemudi yang bisa memperjuangkan emansipasi. Yang sesuai dengan nafas nasionalis. Bela negara, cintai tanah air dan bangga terhadap pejuang bangsa.

Andai aku jadi guru, tak terbayang bagaimana repotnya aku. Menghadapi remaja-remaja yang manja akan harta orangtua. Menganggap harta adalah segalanya. Bagaimana kehidupanku nanti? Aku tak tahu. Semuanya adalah ta
kdir Illahi. Namun, andaikan aku jadi guru, aku akan bangga. Bangga menjadi faktor utama pembentuk masa depan bangasa ini. Bangga menjadi pahlawan tanpa tanda jasa. Bangga terhadap anak didikku. Bangga terhadap diriku sendiri. Bisa jadi..

Pemuda Harapan Bangsa (?)




Pemuda harapan bangsa. Kalimat itu seharusnya tak hanya dijadikan hiasan belaka. Kalmat tersebut harus dibuktikan dalam realita.

Jika melihat fakta yang ada, kalimat ‘Pemuda Harapan Bangsa’ belum terbukti dalam sebuah realita. Yang ada malah pemuda yang boro – boro menjadi harapan bangsa, hanya sekedar menjadi harapan orangtua pun tak pantas. Sekarang mari kita intip keadaan kota – kota besar di Indonesia. Bobroknya masa depan Indonesia dapat dilihat di wilayah ibukota pada malam hari. Coba tengok di kota, gtenerasi kita sudah

Selasa, 19 Oktober 2010

Muhammad the Messenger



Abdurrahman Asy Syarqawi (Sygma Publishing)
Bandung, 2010
“Demi Allah, andaikan mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku agar aku meninggalkan urusan ini, aku tidak akan meninggalkannya hingga Allah memenangkannya atau membinasakan yang lain..”

Minggu, 17 Oktober 2010

Kisah Shalat.. Manusia bisa Lebih Hina dari Syaitan..!!


Ada seorang manusia yang bertemu dengan setan di waktu subuh. Entah bagaimana awalnya, akhirnya mereka berdua sepakat mengikat tali persahabatan. Ketika waktu subuh berakhir dan orang itu tidak mengerjakan shalat, maka setan pun sambil tersenyum bergumam, "Orang ini memang boleh menjadi sahabatku..!"

Begitu juga ketika waktu Zuhur orang ini tidak mengerjakan shalat, setan tersenyum lebar sambil membatin, "Rupanya inilah bakal teman sejatiku di akhirat nanti..!"

Neil Amstrong : The First Moon's Man (?)

Waktu baca bungarampai, Ane liat artikel ini :


“One small step for a man, one giant leap for mankind,"
Demikian ucap Neil Armstrong saat mendarat di permukaan bulan bersama Edwin Aldrin dan Michael Collins, 20 Juli 1969 lalu. Kini, hampir 34 tahun setelah Pesawat Ulang Alik Apollo 11 kembali ke bumi, banyak orang meyakini semua yang terjadi adalah kebohongan NASA semata. Bahkan, NASA dituding memalsukan sejumlah misi luar angkasa lainnya.

Chapter 2 - Dan Impian Itu pun Menjemput....



Aku ingat, semua bermula ketika SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya mengadakan suatu event besar yang aku sendiri berpikir bahwa itu mustahil diselenggarakan oleh OSIS SMA di Kota yang agak terpencil saat itu. Tapi nyatanya, OSIS kami menepis anggapan itu. Java Student Competition, suatu event dengan melibatkan peserta siswa-siswi di SMP maupun SMA se-Pulau Jawa. Bayangkan. Bukan bocah ingusan yang mengadakan event se-Pulau Jawa. Dengan memperebutkan 3 Piala Menteri dan 3 Piala Gubernur. Disertai dengan 3 piala LIPI, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Time is Running Out


Sabtu, 16 Oktober 2010

UPI Hunting

berfoto dulu sebelum tanding..


Mahmoud Ahmadinejad : Nama yang Menggentarkan Amerika




Mahmoud Ahmadinejad atau bisa dibaca Ahmadinezhad (bahasa Persia: ; lahir 28 Oktober 1956) adalah Presiden Iran yang keenam. Jabatan kepresidenannya dimulai pada 3 Agustus 2005. Ia pernah menjabat walikota Teheran dari 3 Mei 2003 hingga 28 Juni 2005 waktu ia terpilih sebagai presiden. Ia dikenal secara luas sebagai seorang tokoh konservatif yang mempunyai pandangan Islamis.

Chapter 1 - Masa Depan...




Pagi hari ini, segar udara pegunungan menyegarkan dadaku. Mungkin paru-paru ini telah lelah berlama-lama menghirup udara kota. Yang sudah tidak jelas bercampur dengan asap knalpot yang berserakan dimana-mana. Polusi udara di kota-kota memang sudah keterlaluan. Sebab itu aku sangat bersyukur dapat menghirup udara segar pagi hari ini.

Selasa, 12 Oktober 2010

Akreditasi SMA Al-Muttaqin Dahsyat..!!

Tim Assesor Provinsi Jawa Barat disambut oleh Siswa-siswi SMA Al-Muttaqin


Pekan lalu, SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya dan beberapa Sekolah di Tasikmalaya kedatangan tamu istimewa. Tamu yang kedatangan dan penilaiannya akan sangat mempengaruhi masa depan akreditasi sekolah. Tamu itu bernama tim Assesor.
Ya, pekan lalu di Tasikmalaya telah dilaksanakan Akreditasi. Hal yang akan mempengaruhi gengsi sekolah dalam menyalurkan siswanya ke Perguruan Tinggi. Itu sangat disadari oleh Pak Dedi Sugandi, S.Pd., Kepala SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya.

Hassan Al-Banna, Istiqamah dengan Sunnah




Hasan Al Banna dilahirkan di desa Mahmudiyah kawasan Buhairah, Mesir tahun 1906 M. Ayahnya, Syaikh Ahmad al-Banna adalah seorang ulama fiqh dan hadits. Sejak masa kecilnya, Hasan al Banna sudah menunjukkan tanda-tanda kecemerlangan otaknya. Pada usia 12 tahun, atas anugerah Allah, Hasan kecil telah menghafal separuh isi Al-Qur'an.

Minggu, 10 Oktober 2010

Sepenggal Kisah Tentangku...




Hidup, adalah suatu amanah besar yang telah diberikan Allah swt. kepada kita seluruh umat manusia. Apa yang kita lakukan dalam menjalankan amanah kita ini, tentu akan dipertanggungjawabkan ketika kita meninggal nanti. Dan itu merupakan suatu kepastian. Suatu kemutlakan. Setiap kita adalah pemimpin atas diri kita sendiri. Dan itu akan dipertanggungjawabkan kelak. Karena, setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mati.

Opick : Pacaran ............... Haram..!!!!




Berdakwah, adalah suatu keharusan kita sebagai seorang muslim. Ya. Sampaikanlah meski satu ayat. Janganlah kita menyembunyikan suatu kebenaran sedangkan kita mengetahuinya. Beragam ayat Al-Qur’an tersebut semakin menguatkan posisi dakwah sebagai suatu kewajiban bagi seorang muslim. Coba saja bayangkan kalau dakwah tidak diwajibkan bagi umat muslim, apakah keindahan islam dapat kita nikmati hingga hari ini?

Wakil Walikota Dede Sudrajat : Pendidikan Informal..!




SABTU, tim Q-Smart SMA Al-Muttaqin berkesempatan untuk bertemu dan bercakap dengan Wakil Walikota Tasikmalaya, Bapak Dede Sudrajat. Kami bertemu dalam kesempatan ketika beliau menghadiri pelatihan Shalat Khusyuk yang diadakan oleh Shalat Khusyuk Centre dan DKM Masjid Agung Kota Tasikmalaya.

Mr. Mayor Syarif Hidayat : Change the World With Your Hand..!!




Last Ahad, we get the chance again to interview the number one leader in Tasikmalaya City, the Mayor Syarif Hidayat, M.Si.. It started when we get the information that today Mr. Syarif Hidayat will attend the event of Radar’s 6th Birthday, “Jalan Santai bersama Gubernur Jawa Barat”. Actually, our target is Mr. Ahmad Heryawan as the Governor of West Java. But there, we see Mr. Syarif Hidayat.

Mengintip Dunia Pendidikan di Mata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan





Pendidikan, merupakan suatu sistem utama yang harus terkoordinir dengan sempurna demi mencapai suatu keberhasilan Negara. Dari semua faktor yang ada, pendidikan adalah faktor penentu yang menjadi dasar bagi berkembangnya faktor-faktor lainnya. Coba saja lihat di Jepang. Meskipun hancur lebur pada tahun 1945, Jepang bisa bangkit menjadi Negara adidaya yang setara kedudukannya dengan Negara yang menghancurkannya dulu, Amerika. Kita tentu tahu permasalahan pertama yang diselesaikan oleh Kaisar Jepang kala itu. Ya. Pendidikan. Beliau sangat memperhatikan sistem pendidikan Jepang, karena beliau tahu bahwa itulah yang akan membuat kesuksesan bagi bangsanya kelak.

Bupati Tatang : Jadilah Jurnalis Pelajar yang Konstruktif..!!


Ahad, April 2010. Pasar minggu Dadaha yang memang sudah ramai hari itu diramaikan kembali oleh suatu acara gerak jalan yang menghadirkan Gubernur Jawa Barat, Walikota Tasikmalaya, dan Bupati Tasikmalaya. Kami, tim Q-Smart SMA Al-Muttaqin berhasil mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai salah satu pucuk pimpinan di Kabupaten Tasikmalaya, yaitu Bupati Tasikmalaya Bapak Tatang Farhanul Hakim.

Ferdiansyah, S.E, M.M. : Sekolah Islam Bisa Maju..!!



Sekolah islam, merupakan sekolah bernafaskan religi. Sudah sepatutnya sekolah dengan bayangan religi mampu mendapatkan pengembangan kualitas yang sama dan setara dengan sekolah lainnya di Indonesia ini. Dan memang, banyak sekolah bernafaskan religi mampu melejit dan mengalahkan sekolah-sekolah yang ‘dibiayai’ oleh pemerintah negeri.

Ustadz Abu Sangkan : Shalat itu Dasarnya..!!


“Kalau Shalat para remaja sudah benar, maka masa depan Indonesia akan terjamin..!”

Kalimat tersebut terdengung di benak kami, tim Q-Smart yang berkesempatan bertemu dan bercakap dengan Ustadz Abu Sangkan, pendiri serta pengkaji metode Shalat Khusyuk Center. Sabtu tersebut kami berkesempatan berbincang dengan beliau di Masjid Agung Tasikmalaya, ketika beliau selesai melatih ratusan jamaah di suatu pelatihan Shalat Khusyuk disana.

Berkat KIRLISTIK meraih PTN, siapa mau hayoo..??




Masuk PTN top, lantas mendapatkan beasiswa. Wah, asyik banget tuh.. Siapa coba yang nggak mau..?
Yup, mereka yang merasakan itu salah satunya dirasakan oleh para mantan pegiat KIR SMA Al-Muttaqin yang baru aja lulus. Berkat perjuangan dalam belajar, kegigihan melakukan ‘idealisme’ dalam melakukan penelitian mengantarkan sejumlah ‘alumni’ KIR amq ke depan pintu gerbang PTN favorit mereka. Bahkan beberapa diantaranya mendapatkan beasiswa disana. Gak percaya..?

Rokok (Lagi)....

kenapa masih dipertahankan..??


Agak terpaku ketika saya melihat acara “Jakarta Lawyers Club” di tvOne, Senin malam kemarin. Pada acara yang menghadirkan banyak orator hebat di Indonesia malam itu membahas tentang fatwa haram yang dikeluarkan oleh PP Muhammadiyah terhadap suatu fenomena merokok di Indonesia ini.

SMS Premium, Baik Nggak Tuh..??



Ayo! Jangan sia-siakan kesempatan anda! Segera, ketik Reg (spasi) Kuis, kirim ke 9554. Lalu dapatkan hadiah-hadiah seperti mobil, motor, dan uang tunai..! Segera..! Kesempatan anda hanya sebentar..!

Kamis, 07 Oktober 2010

Ali bin Abi Thalib The Glorious

Abdurrahman Asy Syarqawi (ArkanPublishing)
Bandung, 2010

“Aku adalah kotanya Ilmu, dan Ali adalah pintunya. Barangsiapa menghendaki ilmu, maka datanglah dari pintunya..” – Rasulullah SAW –
Bagaikan bayi yang terus terjaga kesuciannya. Ya, begitulah gambaran yang tepat bagi Ali bin Abi Thalib r.a., sang Khalifah di dunia dan akhirat. Semenjak beliau membuka mata melihat warna dunia, sosok Rasulullah saw. telah melekat erat di hatinya. Sosok Uswatun Hasanah telah mewarnai hitam putih dunianya semenjak kecil. Rasulullah saw. adalah pengisi pertama hatinya yang polos, matanya yang jernih. Dialah yang tidak pernah sujud kepada selain Allah swt. semasa hidupnya.

Belahan Jiwa Muhammad saw.

Nurul ‘Aina (ArkanPublishing)
Bandung, Januari 2008

Pernahkah anda, seorang muslim, membayangkan ketika anda dihadapkan dengan seorang non-muslim yang mempertanyakan apakah benar Rasul anda, menikahi banyak wanita semasa hidupnya..? Pernahkah anda membayangkan apa yang akan anda jawab ketika mereka bertanya mengapa..? Atau ketika anda berhadapan dengan seorang mukmin yang menikah dengan banyak wanita dengan dalih sunnah Nabi..?

Sang Pemimpi

Andrea Hirata (Penerbit Bentang)
Bandung, Cetakan Pertama tahun 2006


“Kita tak akan pernah mendahului nasib..!!” teriak Arai. “Apapun yang terjadi, kita akan sekolah ke Prancis, berdiri di altar suci Sorbonne, menjelajahi Eropa sampai ke Afrika..!” lanjutnya. Penuh semangat.

ASEC, bikin ASIK..!!!


Guyz, mencoba mengenang masa berjaya OSIS dulu nih..
Sabtu, 6 Maret 2010. Rombongan pelajar dari beragam sekolah tumpah ruah di Kampus SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya, Jl. Ahmad Yani no. 140 Tasikmalaya. Pasalnya, pada hari itu adalah penutupan rangkaian kegiatan Art, Sport, and Economic Competition sekaligus penganugerahan hadiah bagi para pemenang di kegiatan yang dilaksanakan tanggal 3-6 Maret 2010 tersebut.

Rabu, 06 Oktober 2010

5 Kekuatan Akhwat yang Digunakan Syaitan Untuk Melemahkan Ikhwan

Bismillahirrahmanirrahim...

Akhwat adalah sosok yang sangatlah unik. Berbeda. Dan memiliki keistimewaan tersendiri. Islam bahkan memandang akhwat adalah sosok yang sangat spesial dan bahkan memberikan satu surat dalam Al-Quran untuk akhwat. An-Nisa. Rasulullah pun berkata bahwa sosok yang harus kita cintai setelah Allah SWT dan Rasulullah adalah : Ibu, Ibu, Ibu, barulah Ayah. Itu menunjukkan apresiasi yang sangat tinggi yang diberikan oleh islam kepada Akhwat. (Tapi orang barat suka bilang kalo islam itu melecehkan wanita.. Nah lho.. Mereka tidak melihat fakta kali ye... hehehe)

GREAT..!!!

Latihan Kurang dari Satu Pekan, SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya ‘Rampok’ Piala dan Hadiah Jutaan Rupiah di English Contest STIE Latifah Mubarokiyah Suryalaya

“What a ‘borokokok’ you are, Kabayan..!!”. Kata-kata itu yang terngiang-ngiang dan juga menggelitik hati para peserta setelah melihat penampilan dari Verlyani AK (SMA Al-Muttaqin) pada urutan ke 24 pada lomba Story Telling di Latifah Mubarokiyah Suryalaya, Senin (27/9) lalu. Penampilan unik dan total Verly dalam memerankan Si Kabayan dan Iteuk itu merupakan salah satu penilaian utama yang membuatnya terpilih menjadi peraih Piala Juara Pertama dalam cabang lomba Story Telling di kompetisi tersebut.

Minggu, 03 Oktober 2010

Pacaran, Boleh gak Sih..??

“ Jatuh cinta, berjuta rasanya... Dibelai – dibelai amboy rasanya… Jatuh cinta, berjuta nikmatnya.. menangis, tertawa karena jatuh cinta.. Oh, asyiknya.."

Kita pasti sering mendengar lirik lagu diatas. Itu hanya satu dari berjuta lagu yang mengatas-namakan cinta. Tapi, bener gak sich, kalo cinta itu nikmat, asyik, dan berjuta rasanya? Kalo iya, emangnya cinta itu apa sich, sampe bisa banyak rasa gitu? Apa sich pacaran itu? Terus, ada gak sich pacaran yang islami?
Yuk kita sama – sama membahas tentang gejala – gejala cinta dalam diri kita! Supaya kita nggak terjebak di dalamnya..

Menulis, Kita Bisa..!!!

Tuuut.. tuut.. Dering SMS terdengar lagi. Kali ini dari Wilfa, temanku.
Wilfa amQ (19-Sep-09 18:37) “Bln rmadhan branjak p’gi . P’tnda hr Idul Fitri tlah kmbli . Mri b’sihkan hti . Utk kmbli pd fitri . Taqabalallahu minna wa minkum . Mhon mf lhr n btin . –wilfa
SMS ucapan selamat Idul Fitri lagi. Selang beberapa menit, muncul lagi new message di layar Handphone. Kali ini dari Kang Yayat, rekan journalist.
Kang Yayat CJF (19-Sep-09 19:00) “Gma tkbr dmn2 menandkn hr kmenangn tlah tiba . Minl aidzin wal faidzin, mhn mf lahir bthin. By Yayat n fam..
Lagi-lagi ucapan selamat hari raya Idul Fitri. Tak lama, muncul message-message baru lagi.
MeMeL Satas (19-Sep-09 19:37) “Mngkin ak bnyak brbuat dsa.. Krna ak hnyalah mnusia yg tdak smpurna.. Bkan Than yg MhaSmpurna.. mari sambut hari kemenangan dg ska cita. Minal aidzin wal faidzin. Mhon maaf lhir dn batin. Slamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H. *meilita & fam :D

Visi Pendidikan

Sekolah. Tempat dimana milyaran remaja menghabiskan waktunya pagi dan siang menuntut ilmu. Namun tidak sedikit juga yang menggunakan waktu di sekolah tersebut untuk kegiatan lain. Tidak sedikit juga menghilang dari dunia pendidikan ini. Khususnya di Indonesia, tingkat pendidikan di kalangan menengah ke bawah adalah sangat rendah. Terakhir, saya mendengar sekitar 1,8 juta anak Indonesia berusia 7-12 tahun dan 4,8 juta anak berusia 13-15 tahun tidak bersekolah. Ada yang memang tidak ingin bersekolah, tidak bisa bersekolah dan tidak mampu melanjutkan sekolah.

Prihatin memang jika menilik fakta tersebut. Namun janganlah dulu kita melihat anak-anak malang tersebut tidak mampu mendapatkan hak mereka. Cobalah kita lihat sejenak, anak-anak remaja yang beruntung mampu mendapatkan hak mereka berpendidikan. Tidak semua berjalan optimal. Bahkan yang harus kita kritisi, visi dari pendidikan ini sendiri sebenarnya apa..?

Perjuangan Berat Mewawancarai SBY, Meski Gagal Namun Bermakna

Sabtu, 25 September 2010. Q-Smart mendapatkan kabar bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan datang pada hari itu untuk membuka Muktamar Persis ke XIV sekaligus meresmikan Masjid Aisyah di Jalan Ir. Juanda, Tasikmalaya. Segera terkenang memori masa lalu. Ketika senior kami dapat bertemu dan bercakap dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Bambang Yudhoyono di Singaparna, beberapa tahun lalu.
Dengan asa mengulang sejarah tersebut, kami berangkat memburu jawaban Pak Susilo Bambang Yudhoyono atas beberapa pertanyaan yang telah kami persiapkan. Tim kami yang terdiri dari Fathan, Rita, Riksa, Dede, Rani, Ditha, Laila serta Latifah yang dibimbing oleh Pak In In Kadarsolihin segera menuju ke lokasi Muktamar Persis XIV yang dilaksanakan di Masjid Aisyah, Jl. Ir. Juanda, Tasikmalaya.