Minggu, 24 Oktober 2010

Bukokom.com, Ketika Budaya Masuk Ranah Teknologi



Teman-teman semua tentu telah mengetahui yang namanya facebook kan..? Ya, sebuah situs jejaring sosial yang sukses meraih jutaan dolar setiap bulannya. Jejaring sosial yang paling banyak digunakan saat ini. ‘Situs Biru’ yang mungkin seringkali kita gunakan hingga saat ini.
Nah, di Tasikmalaya terdapat suatu situs jejaring sosial yang baru dan tentunya tidak kalah menarik dengan facebook yang semakin mendunia. Bukokom.com, adalah situs jejaring sosial sekaligus situs informasi yang tidak kalah fitur-fiturnya dengan facebook.com.
Yang menarik, bukokom.com ini merupakan situs khusus orang-orang Sunda dan membahas tentang beragam fenomena rakyat Sunda. Bahasa yang digunakan dalam setiap kegiatan atau command di situs ini juga memakai Bahasa Sunda.
Situs ini sangat berguna, tentunya bagi pelajar. Di SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya, situs ini telah digunakan oleh pembuatnya yang juga merupakan guru di SMA Al-Muttaqin sebagai sarana pembelajaran di kelas. Para siswa diwajibkan memiliki account di situs bukokom.com ini. Kemudian mereka mendapatkan fasilitas yang tidak kalah unik dibanding dengan facebook. Kita bisa berteman dengan pemilik account yang lainnya.
Di situs ini juga kita bisa memperhatikan artikel-artikel masuk di bukokom.com ini. Tidak jarang, artikel tersebut digunakan dalam Kegiatan Belajar Mengajar, sehingga mata pelajaran Bahasa Sunda menjadi pelajaran berbasiskan internet. Waw.
Menurut Kang Duddy R.S., selaku pendiri situs ini, situs ini sengaja dibuat untuk pembelajaran Bahasa Sunda dengan metode on line di SMA Al-Muttaqin. Jadi, pelajaran Bahasa Sunda tidak lagi memiliki image yang menjemukan, BeTe, atau yang semacamnya lah.
Kang Duddy Rahayu S., S.S., Pendiri Bukokom.com
Intina mah kanggo menduniakan Sunda, than..” ucap Kang Duddy RS beberapa waktu lalu.
Lantas bagaimana fitur-fitur dalam bukokom.com ini?
Bukokom.com sengaja dibuat dengan fitur-fitur yang mirip dengan facebook. Disini kita bisa chatting, add friend, posting, dan lain sebagainya. Hanya saja, sebagian besar fiturnya disediakan dalam bahasa Sunda.
“Ya, minimal kalau mereka sering buka bukokom.com ini, kosakata-kosakata ringan seperti paluruh, ngiring aub, tepas, kudalawet, jeung sajabana teh akan lebih terekam di memori mereka.. Yah, mulai dari hal yang kecil nantinya akan besar..” lanjutnya.

Well, cita-cita menduniakan Bahasa Sunda ini memang sangat mulia. Metode pembelajaran dengan tipikal seperti ini memang sangat cocok. Terlebih di SMA Al-Muttaqin banyak banget yang doyan on line. So, ayo kita budayakan Bahasa Sunda dengan cara yang mendunia..!! Temen-temen bisa melihat situs dan daftar ke situs tersebut di www.bukokom.com
Fathan - QSmart

0 comments:

Posting Komentar