Sabtu, 23 Oktober 2010

Persiapan Study Tour

Sebelum kita cerita-cerita tentang wisata ilmiah ini, yuk flash back ke beberapa bulan lalu. Ya, berita tentang Wisata Ilmiah ini sudah dikabarkan semenjak pertengahan semester pertama lalu. Yah, sekitar bulan Oktober gitu lah (Kalo salah, afwan yah..!!). Semenjak semester pertama, tim sekolah terus-menerus mempersiapkan diri untuk menghadapi Wisata Ilmiah ini. Yah, bisa dibilang persiapannya matang lah. Mulai dari pemberitahuan wajib menabung 20 kali di Tabungan KopSis, diadakan jajak pendapat, dan rapat-rapat dengan orang tua siswa. Akhirnya, diputuskan bahwa Wisata Ilmiah tahun 2009 ini diadakan ke jalur Perguruan Tinggi wilayah Jawa ke arah Barat. Ya, dari Bandung, Bogor, dan Jakarta. Dan biaya yang dibebankan kepada orang-tua kita adalah senilai Rp.465.000,00. Terhitung lumayan murah jika mengingat lamanya wisata ilmiah adalah selama 4 hari dan 4 malam. Dan untuk menjaga-jaga spekulasi banyaknya siswa yang tidak ikut dan akan menambah biaya perorangan, Sekolah mengambil kebijakan bahwa siswa yang tidak ikut-pun wajib membayar biaya tersebut.

Setelah lama ditunggu-tunggu seluruh siswa, akhirnya waktu yang dinanti (ceile, kayak lagu Ungu ajah..! hehe) tiba. Senin, 19 Januari 2009, pagi harinya seluruh siswa SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya sekolah seperti biasanya. Namun ada yang berbeda hari ini. Jika biasanya siswa pulang ke rumah masing-masing sekitar pada pukul 17.30 WIB, hari ini pada siang hari SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya sudah sepi. Ada apa gerangan..? Yes, because today is the show time..!! Hari ini seluruh siswa sengaja dipulangkan lebih cepat untuk mempersiapkan diri menjelang kegiatan Wisata Ilmiah ini. Sedikit cerita nih ya.. Buat saya yang pada hari itu lagi sakit perut, pusing-pusing dan lagi Shaum hari Senin, kepulangan ini adalah untuk beristirahat total agar bisa fit pada saat nanti malam. Oh iya, seluruh siswa diwajibkan kumpul di SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya pada malam harinya, yaitu ba’da Maghrib. Yah, hari itu saya tertidur pulas sekali. Hampir aja kelewatan Shalat Dzuhur kalau tidak dibangunkan oleh teman saya. Dia menelepon saya sampai membuat saya terbangun dari dunia mimpi. Karena kebetulan pada hari itu orang-tua saya lagi beli perlengkapan buat saya di Wisata Ilmiah nanti. So, thanks a lot friend..! hehe..

Yaph, setelah persiapan selesai, saya menunggu datangnya sesuatu. Ya, apalagi yang sore-sore ditunggu sama orang yang lagi Shaum, selain Adzan Maghrib..!! Hehe.. Setelah Adzan bergema merdu di daun telinga, saya menikmati indah dan nikmatnya berbuka puasa. Yah, walaupun dengan menu yang sederhana, tapi saya santap dengan gembira, dan tak lupa bersyukur pada Allah SWT. Segera setelahnya, saya bersiap-siap Shalat Maghrib dan akhirnya berangkat menuju sekolah. Sampai di sekolah, sekitar pukul 18.30 WIB, masih terhitung sepi. Hanya ada beberapa rekan yang menyapa dalam kegelapan malam hari itu (Eh,eh, kok malah jadi kayak novel sih..??). Saya mencari sahabat yang membangunkan saya itu untuk mengucapkan terima kasih, tapi tampaknya dia belum datang. Biarlah (sekarang lagu Nidji.. Hehe), akhirnya saya jalan-jalan saja dulu bersama rekan-rekan saya itu. Sementara teman-teman lainnya tiba di sekolah sekitar pukul 19.00 WIT(Waktu Indonesia Tasikmalaya.. Hehe) dan segera melaksanakan Shalat Isya berjamaah. Setelah ngaret beberapa lama, seluruh siswa dikumpulkan di aula pada sekitar jam 8 malam. Kita disana untuk diberi pengarahan dan pemberitahuan peraturan yang disusun panitia yang terus berada di sekolah sejak tadi pagi. Salute for you all, my Teachers..!! Thanks..!!

Sempat terjadi ketegangan pada malam hari itu. Soalnya, banyak siswa malah mengobrol dan membuat forum diskusi sendiri pada saat guru-guru yang rela mengorbankan banyak waktunya untuk siswa itu menerangkan peraturannya. Salah kita juga sih.. Maaf ya, guru..!! Dan akhirnya pemberitahuan itu selesai pada pukul 22.00 WIB. Setelah itu kita tidur, dan bersiap-siap berangkat menuju Bandung. Bus Do’a ibu datang dan siap menampung sekitar 200 siswa kedalam 4 bus pada pukul 02.00 WIB. Bravo..!!! Bandung, I’m coming..!!!

0 comments:

Posting Komentar