Selasa, 29 November 2011

Elang


Hari itu dia berdiri membungkuk seraya menempelkan tangannya ke ganggang pintu di depan pintu kamar kami beberapa menit yang lalu. Pemuda kurus ini yang kini berada di depan mataku ini tampak ngos-ngosan. Ia kemudian berdiri tersenyum dengan ceria. Memberikan satu sinyal kemenangan. Elang. Namanya tajam, setajam sorot matanya. Pemuda yang satu ini tak lelah memberiku berbagai inspirasi. Pesonanya seolah tak habis membuatku terus berdecak karena kagum. Dan hari ini, ia tersenyum.

"Raka, kita akan berjuang bersama lagi!" ucapnya tenang namun menyiratkan kebahagiaan. Aku mengerti maksudnya.

"Antum sudah dapat hasilnya Lang? Benarkah?" ucapku meyakinkan.

"Sudah, akhi.. Sudah..! Dan kali ini ana akan menemani perjuangan antum di Fakultas yang sama, di Universitas yang sama!" jawabnya mantap.

Kamis, 24 November 2011

Dakwah di Tangan Qiyadah dan Jundiyah



 
“Alam ini menjadi teratur,” ucap Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin-nya, “karena Pengatur alam semesta ini adalah satu.”

Dalam melakukan sebuah perjalanan dalam sebuah jama’ah, sosok seorang pemimpin menjadi sangat penting nampak. Ia mutlak ada. Terlebih dalam perjalananan dakwah. Seorang qiyadah adalah seorang yang mampu bertahan dalam beratnya memimpin di jalan sempit ini. Kebersamaaan yang diatur, akan menghasilkan kepaduan dari dakwah itu sendiri.

Rabu, 16 November 2011

Maka Saksikanlah Bahwa Kami yang Memilih Jalan Ini

oleh Muhammad Fathan Mubina, Hamasah FISIP UI 2011

Judul Buku          : Beginilah Jalan Da’wah Mengajari Kami
Penulis                 : Muhammad Lili Nur Aulia
Data Publikasi    : Pustaka Da’watuna, cetakan pertama tahun 2006



“Barangsiapa mengajak kepada petunjuk Allah, maka ia akan mendapat pahala yang sama seperti jumlah pahala orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun dari pahala mereka.” HR Muslim

Bersama dakwah kami bersinar. Sesungguhnya, keberadaan kami di jalan dakwah ini adalah kebutuhan kami sendiri. Tidak sebaliknya. Tidak samasekali. Dakwah ini, ucap seorang Ustadz, akan tetap diperjuangkan dengan atau tanpa adanya kami di sana. Namun, janji dan perintah-Nya lah yang membuat kami senantiasa berusaha untuk tetap berada di jalan ini.

Rabu, 09 November 2011

Amal Jama'i


Seorang al-akh terduduk termenung di hutan hijau itu. Ia memperhatikan bagaimana kuasa Rabbnya sangat terasa ketika dia mulai berpikir. Di satu sudut pohon, dia melihat sekumpulan semut saling mengoper makanan mereka. Pandangannya kemudian beralih kepada lebah-lebah di sudut lain yang tengah membangun rumah mereka. Daun-daun saling bertegur sapa dengan angin yang ramah. Semua saling bersinergi.

Dia kemudian memejamkan matanya. Teringat pesan dari Syaikhut Tarbiyah Rahmat Abdullah dalam film Sang Murabbi. “Kenapa, di antara aktivis dakwah selalu mengatakan ‘ini hak antum, ini hak ana.. ini kewajiban antum, ini kewajiban ane..’ Tidakkah kita malu kepada batu yang keras dan air yang lembut itu? Yaa ikhwah, tidak ada pertikaian di antara mereka!”

Tarbiyah Dzatiyah

"Tidak akan bergerak kaki seseorang pada hari kiamat", ucap lelaki gagah yang namanya disebut-sebut di langit dan bumi itu pada suatu ketika. "..sehingga ditanya tentang umurnya untuk apa dihabiskan, tentang ilmunya untuk apa ia mengamalkannya, tentang hartanya dari mana dihasilkan dan untuk apa saja ia infakkan dan tentang jasadnya untuk apa ia gunakan” lanjutnya.


Rasulullah Muhammad saw., dengan tegas menjelaskan kepada kita tentang salah satu esensi dari pembinaan pribadi. Lelaki penggenggam hujan itu menggunakan kata seseorang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi tersebut. Pada hari yang agung tersebut kita tidak akan ditemani siapa-siapa kecuali amal ibadah kita.

Selasa, 01 November 2011

MPKT Aaaaa!


Rangkum lagi yooo! :D

Oke guys, ikhwan wa akhwat fillah, kali ini ane bakal coba ngerangkum tentang MPKT A yang (katanya) hanya ada di Universitas Indonesia. Apa itu MPKT? MPKT adalah Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi (sebenernya ane juga bingung sih, kenapa disebutnya MPKT bukan MKPKT.. Tapi ya sudahlah.. :p). MPKT ada dua, MPKT A dan MPKT B.



Nah, MPKT A ini mencakup ilmu-ilmu humaniora, sedangkan MPKT B mencakup ilmu-ilmu alam. Sampai tengah semester ini, udah diajarin empat konsep dasar pengembangan kepribadian manusia. Khususnya buat Mahasiswa UI. Empat konsep tersebut adalah…..(jeng..jeng..) Filsafat, Logika, Etika, dan Keutamaan serta Kekuatan Karakter. Abstrak kan? Hehehe.. Oke, biar lebih mengefektifkan waktu (dan kata-kata), langsung aja cekidot!

Minggu, 30 Oktober 2011

UTS... oh UTS...

Aaah..

Agak-agak bingung nih mau UTS pertama. Hehehe.. Do'anya ya.. :D
Daripada bingung mau ngapain, mending rangkum aja deh materi buat UTS. Nih, ini dia rangkuman yang coba ane buat untuk UTS pertama : Pengantar Ilmu Politik. Ya, semoga menginspirasi buat kalian yang mau lanjut ke FISIP.. :D

Cekidot deh... :O




Ilmu Politik

1.       Konsep Dasar Politik
2.       Pendekatan Politik
3.       Trias Politica
4.       Sosialisasi dan Budaya Politik

Jumat, 28 Oktober 2011

Jang....

Jang.. Hirup teh teu gampang.. Teu cukup ku dipikiran, Bari kudu dilakonan
Jang.. Jalan kahirupan heunteu sapanjang na datar, Aya mudun jeung tanjakan



Beberapa waktu yang lalu ane dengerin sebuah lagu sunda. Pertama kali ngedengernya langsung teringat acara pernikahan. Alunan musik yang khas itu jelas sekali membawa suasana pernikahan. Ane sebenarnya agak kurang suka ngedengerin lagu-lagu Sunda. Ya, meskipun ane asli Sunda, tapi terkadang banyak lagu sunda yang ane temuin itu lagunya galau. Kurang nyaman didengar. Apalagi dihayati. Ada yang ngajarin pacaran jarak jauh segala. Gaje deh. Hehe.

Sesak



Berdiri tegak mereka,
berpijak mantap di atas bumi.
Pagi hari ini tersinar indah
mentari yang membawa senyum dari mereka.
Bias hijau dedaunan di kepala mereka.
Segar..

Selasa, 11 Oktober 2011

Maka Kuatkanlah Ikatannya

Sesungguhnya engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berpadu,
Berhimpun dalam naungan cintaMu..
Bertemu dalam ketaatan, bersatu dalam perjuangan..
Menegakkan syariat dalam kehidupan..

Jumat, 30 September 2011

Filsafat dan Agama : Bukan Dualitas yang Bertentangan


Berbicara tentang filsafat, tentu tidak akan jauh dari sejarah bangsa Yunani. Semenjak beberapa abad silam, Yunani memang terkenal sebagai sebuah negeri yang menjadi tempat lahirnya beragam ilmu pengetahuan. Pengetahuan-pengetahuan tersebut terlahir dengan adanya para filsuf atau pemikir yang berpikir di luar kebiasaan.



Agama telah lahir sebelum filsafat berkembang di Yunani. Sebelum era para filsuf, dunia pemikiran Yunani didominasi dengan pemikiran-pemikiran yang penuh dengan mitologi. Pemikiran mengenai alam semesta membawa mereka pada pemikiran-pemikiran tentang dewa-dewa. Seiring dengan berkembangnya filsafat, hadir dua jenis respon terhadap pemikiran-pemikiran mitologi tersebut. Pertama, filsafat hadir dan saling melengkapi dengan agama. Kedua, filsafat hadir sebagai sesuatu yang sangat bertentangan dengan agama. Sehingga keduanya menjadi dualitas yang tak jarang berseteru.

Kamis, 22 September 2011

Aku, Pemimpin, dan FISIP




Pemimpin, adalah satu kata yang sangat umum. Secara definitif, pemimpin orang yang memimpin. Namun ketika kita mulai masuk kepada nilai-nilai yang ada dan umum pada sosok seseorang, maka definisi pemimpin itu bisa berkembang menjadi sangat luas. Pemimpin dan kepemimpinan bisa diartikan suatu karakter yang ditanamkan di dalam benak setiap manusia. Suatu karakter positif yang mengandung nilai-nilai idealis yang ada di dalam nurani setiap individu.

Suatu ketika seorang sahabat bertanya kepadaku tentang ketertarikanku untuk menjadi seorang ketua, menjadi seorang koordinator, dan menjadi seseorang yang menonjol di antara yang lainnya. Aku tersenyum, seraya mengingat masa SMA.
Alhamdulillah, kuliah sudah dimulai di pekan kedua bulan September ini. Sekitar satu pekan yang lalu, ana sudah mulai masuk ke kelas untuk memenuhi jadwal kuliah. Dan memang, dunia perkuliahan ini bisa dibilang cukup berbeda dengan masa-masa SMA yang lampau. Ana pribadi cukup terkejut, walaupun sudah dari tempo hari mempersiapkan diri untuk menghadapi perbedaan-perbedaan itu.

Jadwal kuliah di kelas bisa dibilang sangat sedikit. Sangat sedikit jika dibandingkan dengan masa-masa SMA yang sangat padat. Waktu SMA, ana bisa berangkat dari rumah jam setengah tujuh pagi dan tiba lagi di rumah sekitar jam setengah enam. Hampir dua belas jam. Sedangkan ketika SMA ini, jadwal kuliah sangat kosong.

Kamis, 08 September 2011

Palestina dan Sikap Politik Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB)


Oleh : Muhammad Fathan Mubina
Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Indonesia 2011
Kelompok 9
 


Sudah 63 tahun, semenjak Zionis Yahudi mendirikan entitas negara Israel di 77% tanah Palestina pada tahun 1948 yang lalu. Semenjak saat itu, banyak sekali tragedi dan ketidakadilan terjadi. Pembantaian umat terjadi di mana-mana. Tiada peduli manula, wanita, maupun anak-anak, pembunuhan massal terjadi di setiap bumi dipijak di Palestina.

Keberadaan Zionis Yahudi dan negara Israel yang terletak di atas bumi Palestina, sebenarnya sangat menunjukkan kelemahan dunia. Dunia kabarnya memiliki ‘agen perdamaian’ yang tersemat di pundak PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) atau UN (United Nation). Namun selama 63 tahun penjajahan di dalam balutan dusta kemerdekaan itu PBB seolah menjadi kambing bisu menatap semua sikap-sikap tidak manusiawi tentara-tentara Israel terhadap masyarakat Palestina. Hak Asasi Manusia yang menjadi dewa di negara-negara dunia seolah tidak berlaku di bumi Palestina.

Senin, 05 September 2011

Pra-OAT Kedua
Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik
Universitas Indonesia



Satu pekan setelah kumpulan Pra-OAT pertama, kami, Mahasiswa Baru Ilmu Politik 2011, dikumpulkan lagi untuk mengikuti kegiatan Pra-OAT kedua. Kegiatan ini dilakukan di dalam ruangan gedung J (kalo ga salah, hehe), di depan Mushala FISIP UI.

Pas hari-H, anak-anak pada pusing ngurusin macem-macem tugas. Karena rata-rata hampir semua tugas dikolektifkan di tim pengerjaan tugas, jadi masih banyak tugas-tugas yang belum sempat dibuat. Akhirnya, semua anak yang merasa membutuhkan tugas itu kumpul dan ngerjain bareng-bareng pas hari-H. Karena OAT dilaksanakan pada sore hari, kami ngerjain tugasnya dari pagi sampai siang. Padahal, hari itu hari terakhir OBM. Ckckck..
Organization and Academic Training (OAT)
Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik
Universitas Indonesia



Organization and Academic Training (OAT) itu ajang pelatihan yang diadakan sama senior-senior dari HMIP buat adik-adik kelasnya. Kegiatan ini berlangsung selama empat bulan. Dan selama itu, para junior akan belajar beradaptasi dengan kegiatan keorganisasian dan kegiatan akademik di jurusan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Pertemuan pertama Pra-OAT tuh tanggal 17 Agustus 2011 lalu. Seperti training-training yang lainnya, semua junior dikasih tau tentang aturan-aturan, tentang hukuman-hukuman, dan tentang esensi dari kegiatan OAT tersebut.

Jumat, 19 Agustus 2011

Politisasi Media


Dunia perpolitikan Indonesia saat ini tengah dilanda sebuah tren unik. Tren tersebut mungkin bisa kita saksikan belakangan ini di media-media informasi. Satu kondisi dimana citra menjadi sebuah fenomena yang dicerna publik. Dimana banyak politisi yang lebih mementingkan pencitraan diri (dan parpolnya) ketimbang aksi dan kerja nyata. Mungkin kita bisa menyebutnya dengan tren ‘narsisme’ politik.



Tren tersebut terlihat nyata ketika beberapa waktu silam kita disuguhi penjatuhan citra dari beberapa partai politik, yang disambut dengan pembangunan citra dari partai politik yang lain. Kita juga menemukan sebuah kondisi dimana para politisi yang telah terpilih sebagai wakil rakyatnya menanggalkan sejenak tugasnya untuk membenahi partainya. Sebuah langkah politik yang sebenarnya tidak terlalu menggembirakan rakyat.

Selasa, 16 Agustus 2011

OKK UI 2011...
Peduli Indonesia, Totalitas Pengabdian!


First Day
Hari yang cerah itu menjadi awal langkah kami di Universitas Perjuangan, Universitas Indonesia. Kami adalah Mahasiswa Baru Universitas Indonesia tahun 2011. 12 Ramadhan menjadi saksi satu langkah yang telah kami tegakkan di kampus perjuangan ini. Menjadi saksi atas ikrar yang telah lantang kami haturkan untuk negeri ini tercinta.

Kegiatan OKK (Orientasi Kehidupan Kampus) UI 2011 adalah kegiatan pengenalan atmosfer kampus semenjak dini yang diadakan resmi dalam rangkaian kegiatan awal untuk Mahasiswa Baru (Kamaba) UI 2011. Jumat pagi itu, kami memulai acara dengan rangkaian kegiatan awal dari rektorat UI. Bisa dibilang, acaranya cukup membuat air mata ini terus menerus keluar, karena kantuk yang luar biasa.

Banyak sebenarnya, kritik untuk kegiatan awal ini. Pertama, sound yang lemah sehingga tidak terdengar hingga ke luar. Padahal beberapa Mahasiswa Baru terpaksa duduk di daerah luar balairung karena tidak mendapatkan tempat di dalam. Tentu sangat sulit untuk menangkap maksud pemateri-pemateri. Apalagi yang sudah terbiasa dengan sound dari ESQ yang sangat dahsyat kencangnya beberapa hari yang lalu.

Kedua, pemateri cenderung kurang interaktif dalam penyampaian dua materi yang sebenarnya sangat penting ini. Pemateri pertama adalah perwakilan TNI untuk menjelaskan kepulauan terdepan di Indonesia serta beragam potensinya, pemateri kedua adalah CEO dari salah satu perusahaan berkelas dunia milik Swedia. Tapi dalam penyampaiannya, materi belum dikemas dengan kemasan yang menarik perhatian sebagian besar Maba.Apalagi pemateri kedua, dengan bahasa Inggris-nya. (Gw gak ngerti soalnya! Gkgkgk..)

Jumat, 12 Agustus 2011

New : Kartun Akhwat Islami

Ini hasil searching-searching lagi di dunia maya. Semoga bisa bermanfaat ya.. ^^




Kamis, 11 Agustus 2011

Emotional and Spiritual Quotient
Character Building Training
Universitas Indonesia 2011

Ksatria UI... Go, go, go!
Ksatria UI... Fight, Fight, Fight!
Ksatria UI... Win, Win, Win!
ESQ.. YES!
UI... Luar Biasa!

Pekik UI!!
Kepal jari jadi tinju!
UI, UI, Kampusku!
Bersatu Almamaterku..!
UI..!!



Deru semangat bergelora di gedung Balairung UI, gedung yang sangat bersejarah dan sudah menjadi saksi ribuan pemimpin bangsa dilahirkan. Hari ini, di salah satu kampus tertua Indonesia ini, diadakan kegiatan Character Building Training (CBT) bagi Mahasiswa Baru UI tahun 2011 yang merupakan kerjasama dari pihak Universitas Indonesia dengan pihak Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) 165. Bagi saya pribadi, training ini menjadi training ESQ pertama.

Sabtu, 06 Agustus 2011

First Day Kamaba UI 2011
6 Agusutus 2011 - 6 Ramadhan 1432 H

Bismillahirrahmanirrahim.
Berhubung banyak yang minta diceritain pengalaman Kamaba pertama gue di kampus UI (dan kayaknya capek juga kalo diceritain ke semuanya satu per satu, hehe), catatan sederhana ini gue coba buat. *Sokartis.com
Hehehe.. :P



Hari pertama, penuh dengan beragam rasa dan prasangka melanda di jiwa. Ah, entahlah. Ada rasa nervous, karena gue pribadi gak tahu menahu (tempe menempe) yang namanya Kamaba *atau lebih famousnya, ospek* di Universitas tuh bakal kayak gimana. Tapi yang paling besar tentunya rasa syukur, bangga, dan bahagia. Menjadi salah satu bagian dari keluarga besar UI adalah salah satu impian gue yang udah gue tanam semenjak awal gw masuk SMA. Aah, pokoknya komplikasi deh! Segala rasa tiba-tiba menyergap.

Rabu, 03 Agustus 2011

Pengenalan Sistem Akademik tingkat Fakultas
FISIP UI 2011



Belum usai menikmati ibadah shaum di Bulan Ramadhan 1432 H ini, tiba-tiba sebuah informasi datang kepadaku melalui Facebook. Ya, di masa-masa awal kegiatan Mahasiswa Baru ini, keberadaan Facebook mendadak menjadi sangat penting. Banyak sekali informasi-informasi tertuang di sana, melalui grup-grup Mahasiswa Baru UI 2011. Informasi-informasi penting yang mungkin tak akan aku ketahui jika aku tidak memiliki Facebook. (Yaa, walaupun situs milik Yahudi, ternyata usefull banget lho)

Tapi sekarang kita tidak akan membahas Facebook dan Yahudi-nya. PSA tingkat Fakultas. Ya, kegiatan PSA itu mungkin lebih famous dengan kata ospek di telinga teman-teman. Apapun namanya, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan segala sesuatunya tentang Fakultas kepada seluruh Mahasiswa Baru agar lebih mudah dalam menjalani "kehidupan baru" mereka sebagai Mahasiswa Universitas Indonesia.

Selasa, 02 Agustus 2011

Bagaimana Mereka Mendidik Kami (Sebuah Catatan Seorang Anak Kader)

Assalamu'alaykum. Salam sejahtera bagi antum semua pembaca yang mulia.

Di posting kali ini, ana nggak pakai postingan karya sendiri. Tapi posting dari sebuah sumber. Maaf ye.. Hehe.. Tapi Insya Allah, postingan ini sangat inspiratif! Sangat menyentuh kalbu, terutama bagi antum para aktivis dakwah. Semoga bermanfaat. ^^

 

Saya bingung ingin memulai kisah ini dari mana ketika seseorang yang saya hormati meminta saya menuliskan tentang bagaimana orangtua saya mendidik saya—atau lebihnya tepatnya “kami”, saya dan adik-adik saya. Kedua orangtua saya, adalah orang yang betul-betul sederhana. Dan karena saking sederhananya itulah saya merasa bingung apa yang mesti saya tulis di sini.

Sebuah Dialog Selepas Malam



Assalamu'alaykum. Salam sejahtera bagi antum semua pembaca yang mulia.

Di posting kali ini, ana nggak pakai postingan karya sendiri. Tapi posting dari sebuah sumber. Maaf ye.. Hehe.. Tapi Insya Allah, postingan ini sangat inspiratif! Sangat menyentuh kalbu, terutama bagi antum para aktivis dakwah. Semoga bermanfaat. ^^





 


“Akhi, dulu ana merasa semangat saat aktif dalam dakwah. Tapi belakangan rasanya semakin hambar. Ukhuwah makin kering. Bahkan ana melihat temyata ikhwah banyak pula yang aneh-aneh.” Begitu keluh kesah seorang mad’u kepada murabbinya di suatu malam.

Minggu, 31 Juli 2011

Kegiatan Kemahasiswaan untuk Mahasiswa Baru UI 2011



This is it! Yeah, awal langkah baru gw (adeuh, udah jadi orang Jakarta ceritanye.. gkgkgk..) di kampus perubahan, Universitas Indonesia. OKK UI adalah bagian kegiatan kemahasiswaan untuk Mahasiswa Baru (Maba) UI. Di tahun 2011 ini, kegiatan Kamaba sebagian besar diadakan di bulan Ramadhan, yang kebetulan (eh, kebeneran) bertepatan dengan bulan Agustus kalender masehi. Sebagian kecilnya diadakan di bulan September 2011.

Terhitung tanggal 6 Agustus sampai 11 September (dipotong waktu libur Idul Fitri), para Mahasiswa Baru Universitas Indonesia angkatan 2011 akan mengikuti beragam rangkaian kegiatan Kamaba 2011. Mau tahu jadwalnya? Checkthisoneout!

Kamis, 28 Juli 2011

6 yang Sangat Berarti, 6 yang Selalu di Hati




Akhir Juni 2008 yang indah itu, kami dipersatukan. Wajah-wajah lugu dan polos bisa kau saksikan jika kau bersama kami kala itu. Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) SMA Al-Muttaqin yang dibuka dengan rangkaian acara Zona Ekspresi Muttaqin menjadi awal bersatunya insan-insan yang berbeda. Melebur menjadi satu makna. Mengarungi suka dan duka bersama, setidaknya hingga tiga tahun ke depan.

Awal pertemuan kami diiringi asa dan harapan yang tinggi di tempat ini. Sebuah gedung bertingkat dua yang dihiasi lorong-lorong penuh kenangan, menjadi tempat kami bersua, tertawa, menangis, menjalin cinta antarsaudara, terpekur, mengumpulkan ilmu, dan menapak sejarah. Membuat goresan-goresan sejarah yang tidak pernah kami duga sebelumnya akan terjadi. Tidak pernah kami duga sebelumnya akan kami yang menggoreskannya.

Rabu, 27 Juli 2011

Ikatan Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia (IKM UI)


Sebelum kami mengupload tugas essay kami sebagai salah satu tugas yang diberikan untuk mengikuti kegiatan OKK UI 2011, kami harus mengisi sebuah kuesioner online terlebih dahulu. Awalnya, aku pikir yang akan ditanyakan dalam kuesioner tersebut adalah pertanyaan-pertanyaan terbuka yang membebaskan jawaban dari penjawabnya. Secara, kami semua kan baru masuk UI dan belum mengetahui banyak hal tentang serba-serbi kampus kuning ini.

Cerita berbeda ternyata aku dapatkan ketika membuka halaman kuesioner dan mendapatkan pertanyaan yang cukup membuatku pusing. Bahkan ada beberapa pertanyaan yang samasekali aku tidak ketahui jawabannya. Aku kembali ke halaman sebelumnya dan membaca petunjuk pengisian kuesioner.
Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI 2011
Peduli Indonesia, Totalitas Pengabdian!



Baru saja selesai melakukan wawancara untuk BIDIK MISI, kami (Maba UI Jalur SNMPTN Undangan) langsung dihadapkan dengan beragam tugas dan persiapan untuk mengikuti kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia atau OKK UI 2011. Peduli Indonesia, Totalitas Pengabdian! (Hehe)

Info lengkap tentang OKK UI 2011, lihat aja di http://peduli-indonesia.com.
Selasa
31 Mei 2011 - 27 Jumaadil Akhir 1432



Hari ini adalah hari yang paling dinanti. Usai meneguk hasil perjuangan selama tiga tahun ke belakang dan terus memegang impian untuk masuk ke Universitas Indonesia, hari ini secara resmi aku akan tercatat sebagai Mahasiswa Universitas Indonesia Angkatan 2011. Hari ini adalah jadwal registrasi administrasi. Dan setelahnya, aku akan mendapatkan identitas sebagai Mahasiswa Universitas Indonesia.
Sabtu
28 Mei 2011 - 24 Jumaadil Akhir 1432

Hari ini adalah jadwal verifikasi rapor SMA-ku sebagai salah satu persyaratan awal menjadi mahasiswa Universitas Indonesia. Aku baru tiba di lokasi verifikasi sekitar ba'da Dzuhur.

Subhanallah. Banyak sekali para calon mahasiswa yang turut menunggu, pikirku.

Aku terduduk di kursi antrian yang panjang. Perlahan tapi pasti, satu per satu calon mahasiswa Universitas Indonesia masuk ke bagian dalam Balairung. Aku menanti dengan sabar seraya memperhatikan calon mahasiswa lainnya. Penampilan mereka beragam. Ada yang berpenampilan sangat metropolis, ada juga yang pakai jilbab yang panjang dan lebar. Ada yang membawa banyak barang (seperti aku), ada juga yang hanya membawa sebuah map.
Selasa
17 Mei 2011 -  13 Jumaadil Akhir 1432



Dua hari setelah pengumuman kelulusanku di Ujian Nasional 2011. Hari ini aku terduduk sendiri di rumah kosanku di Tasikmalaya. Hanya sendiri. Dua sahabat dan saudara terbaikku di Tasikmalaya sedang tidak menempati rumah kecil milik pamanku ini. Zaenal sudah membereskan barang-barangnya dan kini tengah berada di rumahnya di Ciamis. Sedangkan murabbiku, Akh Rifqi, tengah merayakan cintanya selepas pernikahannya beberapa hari yang lalu. Jadilah aku sendiri di sini.
Sebelum ini, aku adalah seorang siswa yang memiliki kesempatan bersekolah di sebuah SMA yang luar biasa, SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya. Dengan berjalannya waktu, aku diberikan (lagi) oleh Allah sebuah kesempatan yang juga tak kalah luar biasa untuk menimba ilmu di salah satu Universitas terbaik di Indonesia (atau bahkan dunia), Universitas Indonesia. Inilah duniaku. "Dunia baruku!"


Jumat, 22 Juli 2011

Jujur Membawa Berkah!




Aku berjalan menelusuri jalan menuju ke rumahku. Menikmati pemandangan yang mungkin sebentar lagi aku tak akan sering melihatnya. Hulu-hilir mobil angkutan kota semakin membawaku pada bayangan dan anganku sendiri. Keramaian di sekitarku terasa hambar. Bimbang. Ya, aku tengah dirasuki kebimbangan yang mendalam.

Seketika berbisik keras suara ibuku, “Akmal, bagaimanapun kamu harus lihat potensi kamu juga, nak.. Ibu percaya jika semenjak awal kamu belajar dengan serius, kamu pasti bisa menghadapinya oleh tanganmu sendiri.. Tapi inilah sistem, nak.. Kamu siap untuk tidak lulus..?”
Teringat saat itu aku hanya bisa menundukkan kepalaku mendengar nasihat-nasihat – yang menurutku tabu – dari perempuan yang paling aku cintai itu.

Tentang Cinta



Universitas Al-Fath adalah Universitas yang menarik. Pegiat dakwahnya tidak tertekan seperti umumnya di Pesantren-pesantren di pedesaan. Tapi tidak ekstrim bebas liberal seperti di Universitas-universitas yang katanya islami di kota-kota. Tampaknya ini memang dikhususkan untuk para calon pemimpin yang memang masih agak awam tentang islam. Universitas ini disediakan bagi mereka yang memang masih awal dan bisa dibilang rata-rata masih sangat awam mengenai islam dan dakwah.

Setidaknya itulah kesimpulan sederhana yang dapat diambil oleh Kautsar setelah selama beberapa bulan ini menjadi Mahasiswa Universitas Al-Fath. Dia mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru di sekitarnya. Banyak teman-teman seangkatan menjadikannya sebagai tempat bertanya. Kautsar memang senang kalau ada yang bertanya atau ada yang mengingatkannya.

Kamis, 21 Juli 2011

Meraih Dasar




Kafe kecil tempat aku biasa beristirahat tengah kosong kala itu. Aku tengah menikmati secangkir susu murni hangat seraya membaca sebuah novel. Ketenangan di pagi hari itu sangat aku sukai. Jadwal kuliahku masih ada satu jam lagi. Aku masih bisa sedikit bersantai di kafe ini. Lokasi kafe ini memang tidak terlampau jauh dari kampus tempatku menimba ilmu.

Krieek.. Pintu kafe terbuka. Mungkin ada pengunjung yang datang, pikirku. Aku tidak menghiraukannya. Aku tetap membaca novelku.

Ketika Istiqamah berbuah Amanah




Seperti biasa, pagi itu diselangi tawa-tawa bahagia. Burung-burung berkicau dengan bahagia. Pohon-pohon pun berbahagia dengan ditemani embun pagi yang menyegarkan rindangnya mereka. Salam sapaan datang dari matahari yang bersinar terang di setengah ufuk timur. Menandakan Dhuha yang datang meninggalkan fajar yang penuh nuansa islami. Semua begitu bahagia.

Semua tampak berbeda ketika balik memperhatikan kehidupan manusia. Ada yang gembira, ada yang marah-marah, ada yang tengah bersedih, dan ada juga yang tengah dilanda kepusingan. Mereka yang tidak menyadari bahwa ujian mereka jauh lebih kecil dari nikmat yang mereka terima. Mereka yang tidak menyadari bahwa Tuhan lebih memiliki rasa sayang terhadap mereka ketimbang rasa murkaNya.

Rabu, 20 Juli 2011

Teruntuk Adik-adikku, Aktivis Dakwah Sekolah



Udara tengah sejuk-sejuknya. Hembusan angin yang menyentuh kulitku dan menari-nari melewati rambutku sangat menyejukkan. Cuaca tidak terlalu panas seperti biasanya. Tidak juga turun hujan seperti beberapa pekan yang lalu. Sempurna.

Aku tengah terduduk di beranda masjid SMA-ku dulu bersama kakakku. Menunggu waktu maghrib tiba seraya membicarakan banyak hal. Dia adalah mahasiswa di salah satu Universitas negeri ternama di wilayah Surabaya. Banyak hal yang ingin aku ketahui darinya, menjelang semester pertamaku di Universitas Indonesia tahun ini.

Minggu, 17 Juli 2011

Teruntuk Akhi Tersayang



Aku terduduk ketika mendapatkan kabar itu. Hembusan nafasku keluar cukup panjang. Aku mencoba untuk tidak percaya akan berita mengagetkan itu. Tapi ketika aku mengingat mozaik yang telah terlewat semenjak beberapa bulan yang lalu hingga hari ini, hal itu tentu sudah tidak mengagetkan lagi. Kali ini… Lagi… Satu lagi…. Huh, kejadian juga.., batinku. Entahlah, aku sangat bingung dengan tindakan apa yang harus aku lakukan.

Aku bingung. Diri ini memang tidak sebersih air telaga. Hati ini memang tidak seputih susu. Akhlak ini memang belum semanis madu. Tapi apakah aku memang tidak bisa memberi pengaruh yang baik bagi semuanya? Berkontribusi agar saudara-saudaraku tidak terperosok jauh lebih dalam lagi.
Sekilas terbayang wajahnya. Amarah tiba-tiba masuk ke dalam diriku. Komitmen yang tak pernah terlisankan itu patah di tengah jalan. Ada apa denganmu, Akhi? Semua sikapmu itu membuatku dipenuhi dengan sesak yang mengundang beragam prasangka tentangmu. Bagaimana keadaanmu sekarang, Akhi?

Kamis, 14 Juli 2011

Gambar Kartun Islami.. ^^

Ini gabungan dari editan ane plus gambar-gambar karakter kartun islami yang ane rangkum dari berbagai sumber.. Semoga bermanfaat ya, Akhi wa Ukhtifillah... ^^

Selasa, 12 Juli 2011

My Boss My Hero



Sakaki Makio adalah seorang anggota dari sebuah geng Yakuza terkenal di Jepang. Dia adalah orang yang paling ahli dalam berkelahi sehingga orang-orang di dunia gelap menjulukinya dengan julukan ‘Makio si Tornado’. Dia tidak pernah kalah dalam perkelahian dengan geng manapun. Bahkan dia pernah mengalahkan satu rombongan geng di Jepang hanya dengan seorang diri saja. Sejak itulah dia selalu mendapatkan kepercayaan untuk memimpin kelompok. Dan ia kini menjadi salah satu kandidat penerus pimpinan Yakuza tersebut yang saat ini dipegang oleh ayahnya.

Makio sangatlah tidak diragukan dalam hal berkelahi. Pengikutnya selalu mempercayainya. Tapi ada satu pengganjal yang membuat ayahnya ragu untuk mengangkatnya sebagai pimpinan geng Yakuza mereka. Hal tersebut adalah permasalahan kebodohan dari Makio. Makio adalah orang yang sangat membenci sekolah. Dia bahkan tidak lulus SMP.

Korean Memories




Dinginnya malam tak mengurungkan niatku untuk tetap mengantarkan Habib ke Bandara. Salju-salju terus turun semenjak Bada Isya tadi. Namun aku sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini. Jika orientasinya adalah aku pada saat pertama kali menginjakkan kaki di Negeri Ginseng ini, mungkin saat ini aku sudah mimisan dan kemudian pingsan. Tapi dua tahun adalah waktu yang cukup bagiku untuk beradaptasi dengan situasi alam yang berada di sini.

Aku adalah mahasiswa dari Universitas Han Kuk, Korea. Agak jauh dari tempatku tinggal di Seoul. Sebenarnya mudah saja bagiku menemukan rumah sewa yang terletak di sekitar Universitas itu. Kenalanku sudah cukup banyak. Meski baru satu tahun merantau di negeri Korea ini. Memang dengan rutin mengikuti tarbiyah, kenalanku bisa terus bertambah banyak. Itulah yang aku senang dari mentoring atau khalaqah.

Chapter 10 - Jum'at Bahagia



Jum’at, 2 Juli 2010. Hari ini adalah kegiatan terakhir dari rangkaian kegiatan penelitian kami di negeri Laskar Pelangi. Sungguh pemadatan yang luar biasa. Aku sendiri tidak percaya bisa menyelesaikan satu penelitian hanya dalam kurun waktu kurang dari satu pekan saja.

Hari pertama masih kuingat kami mendapatkan pemadatan materi dari Pak Karni. Hanya sekitar dua jam saja. Malamnya langsung menentukan tema. Esok harinya, langsung menyusun kuesioner dan langsung pula mengumpulkan data. Dua hari selanjutnya digunakan untuk penafsiran data kuesioner dan penyusunan laporan, serta membuat tayangan presentasi. Dan hari ini, adalah rangkaian terakhir dari kegiatan sebuah penelitian : presentasi. Setelah melakukan presentasi, penelitian-penelitian yang berguna dan baik akan dipublikasikan agar bisa berguna bagi masyarakat atau lingkungan sosial.

Birthday Before the Day




“Fi, kamu tuh se-Fakultas sama Sischa kan..?” ucapku. Fifi adalah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Seingatku Sischa juga masuk ke Fakultas yang sama, di Universitas yang sama.

“Iya.. Waktu Ospek Fakultas dia menyapa waktu aku pakai baju PIRN.. Aku kira gak ada anak PIRN di Fakultasku.. Ternyata banyak.. Yang aku kenal saja hampir ada sepuluh orang.. Wah.. Wah..” jawabnya.

“Mario juga di sana, khan..?” ucap Ratna.

Chapter 8 - First Day..!




Waktu baru menunjukkan pukul delapan lebih dua puluh menit. Belum ada personil Genesis yang datang lagi. Kami masih berenam. Masih mengenang masa-masa indah ketika berada di Negeri Seribu Danau, Negeri Laskar Pelangi. Kami masih bernostalgia dengan foto-foto yang terabadikan melalui kamera Dea tersebut. Kisah-kisah dari setiap foto membuat kami semakin rindu dengan kenangan masa lalu itu.

Kali ini kami melihat gambar-gambar ketika acara pembukaan PIRN. Kegiatan upacara pembukaan yang langsung disambung dengan seminar dari para pemateri ahli. Ada Bupati Bangka, Ketua LIPI, dan juga seniman Dik Doank.