Jumat, 25 Februari 2011

Angel and Demons



Dan Brown (Pocket Books)
New York, 2005
Robert Langdon, seorang ahli simbolog dari Harvard yang tersohor tidak akan pernah menyangka satu hari dalam hidupnya akan penuh dengan banyak sekali kejutan. Semua bermula malam hari, ketika dia tengah terlelap dalam istirahatnya. Dia dibangunkan oleh suara handphone yang berdering, menunjukkan nomor yang tidak dia kenal sebelumnya. Telepon tersebut berasal dari orang yang membutuhkan bantuannya. Orang tersebut memerlukan bantuan Langdon untuk menganalisis suatu simbol yang agaknya belum pernah dia lihat sebelumnya.
Mulanya Langdon menolak. Namun tiba-tiba muncul sebuah faksimili yang membuatnya tercengang. Foto sesosok mayat. Keadaannya mengerikan. Kepalanya diputar sempurna ke belakang. Dadanya terlentang menghadap ke atas, sedangkan kepalanya mencium tanah. Hal yang membuatnya tercengang adalah satu simbol. Simbol yang tercetak jelas di dadanya. Terpanggang dengan pola simetris yang sempurna. Simbol lingua pura, Illuminati.
Illuminati, suatu organisasi rahasia  dunia yang telah lama menghilang dalam sejarah. Organisasi orang-orang yang tercerahkan oleh Ilmu Pengetahuan. Orang-orang yang semenjak ratusan tahun lalu telah diperangi oleh gereja. Organisasi cerdas yang memiliki ciri khas melalui penyelinapannya dalam suatu organisasi lainnya.
Langdon berangkat dengan pesawat jet supercepat menuju ke Swiss, markas CERN. Altar ilmu pengetahuan dengan fasilitas terbesar di dunia. Orang yang dibunuh tersebut ternyata merupakan salah satu peneliti senior di CERN. Dia tengah meneliti suatu penelitian besar yang sangat mencengangkan, antimateri. Suatu sumber tenaga yang di setiap satu miligramnya terdapat kekuatan dahsyat yang setara dengan bom atom karya Einstein. Sekarang, mahakarya tersebut dicuri dan disembunyikan di Roma.
Dengan segera Langdon bersama anak dari peneliti yang dibunuh tersebut berangkat menuju Roma. Mereka mencari antimateri yang mampu merubuhkan kota Roma hanya dalam beberapa detik tersebut.
Perjalanan mereka sangat menegangkan. Mereka menghadapi salah satu organisasi rahasia terbesar di dunia, Illuminati. Perjalanan mereka sangat panjang dan berliku untuk kemudian menyelamatkan kota sejarah tertua di Eropa tersebut.
Di tengah perjalanan mereka, banyak fakta rahasia mengenai Illuminati diungkapkan. Dan Brown memang terkenal sebagai sosok penulis yang mampu membawa pembaca dengan petualangan-petualangan menegangkan yang dibumbui sejarah-sejarah dan ilmu teologi yang mengagumkan. Terkadang, novel mengungkapkan sejarah jauh lebih jujur daripada buku sejarah yang ada.
(Muhfat Ali)

0 comments:

Posting Komentar