Rabu, 27 Juli 2011

Ikatan Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia (IKM UI)


Sebelum kami mengupload tugas essay kami sebagai salah satu tugas yang diberikan untuk mengikuti kegiatan OKK UI 2011, kami harus mengisi sebuah kuesioner online terlebih dahulu. Awalnya, aku pikir yang akan ditanyakan dalam kuesioner tersebut adalah pertanyaan-pertanyaan terbuka yang membebaskan jawaban dari penjawabnya. Secara, kami semua kan baru masuk UI dan belum mengetahui banyak hal tentang serba-serbi kampus kuning ini.

Cerita berbeda ternyata aku dapatkan ketika membuka halaman kuesioner dan mendapatkan pertanyaan yang cukup membuatku pusing. Bahkan ada beberapa pertanyaan yang samasekali aku tidak ketahui jawabannya. Aku kembali ke halaman sebelumnya dan membaca petunjuk pengisian kuesioner.


Ah, benar. Tercatat : para Mahasiswa Baru 2011 harus membaca Undang-Undang Dasar Ikatan Keluarga Mahasiswa UI sebelum mengisi kuesioner. Data UUD IKM UI dapat di upload di sini.

Aku save file UUD IKM UI tersebut, lalu kemudian membacanya dan....


Great!!
Ini benar-benar Undang-Undang. Layaknya Undang-Undang sebuah Negara! 32 Halaman tulisan-tulisan yang menjelaskan tentang Undang-Undang Dasar IKM UI tersebut harus aku baca sebelum mengisi kuesioner! Hah..


Aku mencoba berpikir positif. Ah, tidak ada salahnya juga memahami IKM UI semenjak dini. Lagipula, masa anak Politik menyerah dihadapkan dengan Undang-Undang..?


Ikatan Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia, adalah wadah formal dan legal dari segala kegiatan kemahasiswaan yang ada di UI. Bisa dipahami bahwa IKM UI adalah sebuah badan yang menerapkan nilai-nilai tata negara. Dan itu berlaku di UI. Artinya, bisa diibaratkan secara sederhana bahwa IKM UI adalah sebuah 'negara'.


Dalam negara tersebut, ada beragam Badan Pemerintahan berdiri. Diantaranya, ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Mahkamah Mahasiswa (MM), Badan Audit Kemahasiswaan (BAK), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badan Otonom tingkat UI.

Bedanya, dalam IKM UI ini ada suatu Forum yang memiliki otoritas sebagai controller dari beragam badan pemerintahan tersebut. Ada Forum Mahasiswa yang terdiri dari semua anggota DPM UI, semua Hakim Konstitusi yang ada di MM UI, Ketua Umum (Presiden) dan/atau Wakil Ketua Umum (Wapres) BEM UI, anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UI Unsur Mahasiswa, dan ketua BAK atau perwakilannya.


Masing-masing lembaga yang ada di IKM UI memiliki peran masing-masing. Dan itu bisa dikatakan sangat mirip dengan peran lembaga-lembaga pemerintahan. BEM sebagai Pemerintah, DPM sebagai DPR, dan lain sebagainya. (Kalau dipaparkan, bisa sampai tiga puluh dua halaman. Hehe..)


Secara umum, keanggotaan IKM UI terbagi atas anggota aktif dan anggota biasa. Anggota aktif, adalah anggota-anggota pilihan yang sudah mengikuti prosedur tahap-tahap untuk menjadi anggota aktif, dan mendapatkan rekomendasi dari Fakultas masing-masing. Sederhananya, hanya anggota aktif IKM UI-lah yang berhak untuk mengurusi lembaga-lembaga yang ada di IKM UI. Sedangkan anggota biasa adalah anggota-anggota IKM UI yang tidak termasuk ke dalam anggota aktif IKM UI.


Masih banyak lagi yang tercatat dalam UUD IKM UI tersebut. Membacanya membuatku semakin semangat untuk melalui hari-hari menjadi mahasiswa di UI. SEMANGKA! Semangat, Karena Allah! ^^

0 comments:

Posting Komentar