Rabu, 27 Juli 2011

Selasa
17 Mei 2011 -  13 Jumaadil Akhir 1432



Dua hari setelah pengumuman kelulusanku di Ujian Nasional 2011. Hari ini aku terduduk sendiri di rumah kosanku di Tasikmalaya. Hanya sendiri. Dua sahabat dan saudara terbaikku di Tasikmalaya sedang tidak menempati rumah kecil milik pamanku ini. Zaenal sudah membereskan barang-barangnya dan kini tengah berada di rumahnya di Ciamis. Sedangkan murabbiku, Akh Rifqi, tengah merayakan cintanya selepas pernikahannya beberapa hari yang lalu. Jadilah aku sendiri di sini.


Semenjak pagi aku sudah tidak memiliki banyak kegiatan. Aku mulai hari dengan shalat subuh berjama'ah di Masjid Al-Ikhlas tercinta, dan bertegur sapa dengan karib-karib ayahku yang sempat tinggal di sini untuk beberapa tahun. Selebihnya, aku habiskan waktuku dengan membaca koleksi buku-buku Akh Rifqi dan menulis.

Hingga tiba SMS yang membuat hari ini menjadi lebih menguras keteganganku dari hari biasanya. Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri bisa aku dapatkan hari ini, sejak pukul 19.00 WIB.

Ba'da Maghrib, aku terduduk tegang menanti pengumuman. Pukul 19.00.. Masih cukup lama, batinku. Aku coba membaca kitab Al-Qur'an untuk meredakan keteganganku. Aku cukup santai setelah membaca Al-Qur'an. Usai mendapatkan ketenangan hati, aku membaca buku milik Akh Rifqi.

Allah pasti memiliki rencana terbaik. Hasil hari ini akan aku serahkan sepenuhnya kepadaMu. Apapun hasilnya, itu tidak akan memutus rasa syukurku bagiMu Penggenggam Jiwaku.

Adzan Isya berkumandang. Mengajak seluruh insan muslim untuk hadir di Masjid dan berjamaah syahdu mendirikan Shalat. Waktu tinggal beberapa menit lagi untuk menuju pukul 19.00 WIB tepat. Tapi aku memutuskan untuk meninggalkan keteganganku itu untuk kemudian melaksanakan Shalat Isya berjamaah di Masjid Al-Ikhlas tercinta.

Usai Shalat Isya, aku bergegas menuju kamarku. Sepi. Tidak ada seorangpun mengganggu malam itu. Bismillahirrahmanirrahim.

Aku akses situs undangan.snmptn.ac.id melalui Handphoneku. Lalu aku masukkan data-data yang diminta oleh situs tersebut. Ya Allah, hanya karena kekuasaanMu lah aku bisa menjadi seperti saat ini. Selanjutnya, hamba serahkan sepenuhnya untukMu.

- - -
Selamat, Anda diterima di Universitas Indonesia
Program Studi
Ilmu Politik
Program Pendidikan
S1 Reguler
Jalur Masuk
SNMPTN
Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) Anda adalah 1106006631


- - -
 Aku terdiam. Air mataku menggenang. Sontak tubuhku luluh lantak. Tersujud, seraya mengucapkan puji syukur kepada Allah. Lama aku tersujud. Lemas. Aku sangat menikmati sujud ini. Aku sangat menikmatinya. Aku kemudian memberitakan kabar ini kepada kedua orangtuaku. Lalu aku mengirimkan SMS ucapan terimakasih kepada seluruh guru-guruku. Aku sangat bahagia. Aku sangat bersyukur. Kembali aku tersujud. Sendiri. Tersujud dalam keheningan suasana setelah shalat Isya. Aku sangat bersyukur.

Ya Allah, janjiMu benar adanya. Kau tidak akan pernah mengingkari janjiMu. Kau tidak pernah meninggalkan hambaMu. Terima kasih, ya Allah! Terimakasih! Alhamdulillahirabbil’alamin. Segala puji hanyalah bagiMu, Tuhan Semesta Alam!

0 comments:

Posting Komentar