Sabtu, 06 Agustus 2011

First Day Kamaba UI 2011
6 Agusutus 2011 - 6 Ramadhan 1432 H

Bismillahirrahmanirrahim.
Berhubung banyak yang minta diceritain pengalaman Kamaba pertama gue di kampus UI (dan kayaknya capek juga kalo diceritain ke semuanya satu per satu, hehe), catatan sederhana ini gue coba buat. *Sokartis.com
Hehehe.. :P



Hari pertama, penuh dengan beragam rasa dan prasangka melanda di jiwa. Ah, entahlah. Ada rasa nervous, karena gue pribadi gak tahu menahu (tempe menempe) yang namanya Kamaba *atau lebih famousnya, ospek* di Universitas tuh bakal kayak gimana. Tapi yang paling besar tentunya rasa syukur, bangga, dan bahagia. Menjadi salah satu bagian dari keluarga besar UI adalah salah satu impian gue yang udah gue tanam semenjak awal gw masuk SMA. Aah, pokoknya komplikasi deh! Segala rasa tiba-tiba menyergap.


Padahal hari ini sangat sederhana sih. Hari ini -menurut jadwal- tuh hanya ada latihan paduan suara. *Sebenernya gue juga baru tahu kalau di Universitas itu ada latihan paduan suara gini. Apa di UI aja kali yak? Hehehe.

Gue berangkat pagi-pagi buta dari Bogor. Yah, kediaman sementara gue selama ospek ini emang di Bogor. Cukup memakan waktu dan energi, memang. Tapi Alhamdulillah, gue berhasil sampai di Balairung tepat pada waktunya : jam 07.00 WIB. Kurang beberapa menit malah.

Tapi ternyata kedatangan yang kurang beberapa menit dari jadwal itu termasuk ke golongan kedatangan paling telat di sana. Para Mahasiswa Baru UI 2011 ternyata sudah berkumpul di halaman Balairung, dan berjajar sesuai dengan Fakultasnya masing-masing. Dan gue masuk ke golongan terbelakang waktu itu. (Terbelakang, ngantrinya paling belakang maksudnya. Hehe.) Gue ngantri di halaman Balairung itu dari jam tujuh pagi. Baru bisa masuk dan duduk di dalam Balairung sekitar jam delapan lebih lima belas menit. :D :D

Hari itu, suasana Balairung agak berbeda. Bagian lantai kedua di gedung bersejarah yang telah menjadi saksi lahirnya jutaan intelektual bangsa itu tengah ditutupi. Katanya, itu untuk persiapan Character Building Training. Training yang diadakan atas kerjasama pihak UI dengan ESQ 165 untuk Mahasiswa Baru 2011 ini.

Tiba di ruangan Balairung, sudah berkumpul sekitar 4000 Mahasiswa Baru yang tercatat sebagai Mahasiswa kelas Reguler di Universitas Indonesia. Temen-temen seangkatan, yang kayaknya gak akan gue kenal satu per satu kayak di SMA (hahaha).

"Ayo, kalian segera tentukan kelompok kalian! Mau suara Tenor, atau suara Bass.. Silahkan langsung aja bergabung! Jangan duduk saja!" gertak seseorang yang memegang pengeras suara kepada kami, Maba laki-laki. "Cepat, cepat!" lanjutnya.

Untuk paduan suara ini, kami dibagi menjadi empat jenis kelompok besar yang akan bersuara sesuai dengan kelompok kami masing-masing. Gue memilih bergabung bersama grup suara Tenor. Entah kenapa (haha)

"Selamat datang, para putra-putri terbaik bangsa, di Kampus Perjuangan. Kampus terbaik di Indonesia.." ucap bapak-bapak tersebut yang langsung disambut oleh tepuk tangan seluruh Maba.

"Baik, sebelumnya, saya ingin menyampaikan beberapa pengumuman kepada kalian semua. Ini sebelum kita mulai latihan padus ya. Ini adalah pengumuman tentang Kegiatan Awal untuk Mahasiswa Baru 2011. Kegiatan ini bersifat wajib, dan kalian harus mengikutinya! Di akhir kegiatan, kalian akan mendapatkan Jaket Kuning kebanggaan kita ini.." ucapnya yang langsung disambut oleh sorak sorai dan tepuk tangan dari seluruh Maba.

"Dan saya ingin bilang kepada kalian, jangan ikut kegiatan-kegiatan yang samasekali tidak berkaitan dengan Kamaba, dan tidak resmi diumumkan oleh Kamaba! Walaupun nanti akan ada kakak-kakak berjaket kuning, jangan langsung percaya! Ikutilah semua kegiatan yang dikeluarkan oleh panitia Kamaba, bukan yang lain! Saya juga ingin memastikan bahwa kegiatan ini tidak ada kekerasan! Tidak ada perpeloncoan!" ucapnya dengan semangat yang langsung diserbu sorak sorai para Maba. Kali ini jauh lebih ramai dari sebelumnya. "Lihat saja, kalau sampai ada yang berani menyentuh kalian...." lanjutnya. Tawa menggema disana.

Pak Sudibyo namanya. Dia adalah lulusan FISIP UI yang berjanji setia mengabdi di almamaternya ini. Untuk tahun ini, dia dipercaya sebagai penanggung jawab kegiatan Kamaba 2011 ini. Dan ternyata, beliau ini juga adalah seorang pelatih Paduan Suara.

"Saya sudah melatih Paduan Suara semenjak 28 tahun yang lalu.. Kalian adalah angkatan ke 29 yang saya latih.. Dan dari semua padus yang saya latih, semuanya bagus-bagus! Jadi buktikan bahwa kalian, angkatan 2011 juga bisa lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya!"

Subhanallah. Totalitas pengabdian, pikirku.

Sebuah lagu pun dinyanyikan. Lagu yang katanya menjadi kebanggaan masyarakat Universitas Indonesia. Genderang Universitas Indonesia.

Universitas Indonesia, Universitas Kami.
Ibukota Negara, pusat ilmu budaya bangsa.
Kami mahasiswa, pengabdi cita.
Ngejar ilmu pekerti luhur tuk nusa dan bangsa

Semangat lincah gembira
Sadar bertugas mulia
Berbakti dalam karya
Mahasiswa


Universitas Indonesia perlambang cita
Berdasarkan pancasila dasar negara
Kobarkan semangat kita demi ampera


Suara 4000 Mahasiswa Baru UI menggema di Balairung. Ah, subhanallah. Begitu bersemangat!

Total empat lagu kami nyanyikan di hari pertama latihan paduan suara ini. Pita suara yang tak lagi basah (terlebih di bulan Ramadhan ini) membuat kami mudah letih di latihan pertama ini. Tapi itu tidak menyurutkan semangat kami untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan lainnya di Kamaba ini.

Latihan paduan suara usai, kini bagiannya mentoring per Fakultas. Kalo di FISIP, Maba-maba ini dibagi menjadi delapan puluh kelompok. *Pengumumannya disebutin satu-satu namanya lewat TOA. Salut deh, buat kakak-kakak FISIP. :D* Gue kebagian kelompok nomor 78. =_=a

Acara mentoring itu intinya adalah tentang perkenalan dunia FISIP. Ya, kita bisa tanya-tanya sama Kakak-kakaknya tentang segala sesuatu di FISIP. Dan tentu saja, untuk konsultasi tugas-tugas PSAF yang lumayan banyak itu. Hehe.

Kelompok gue harusnya ada 12 orang. Tapi tadi yang datang itu hanya ada 6 orang saja. Gak tau pada kemana deh tuh.

Beres acara tadi tuh jam 16.30 WIB. *oke, acara di UI itu mulainya setengah jam lebih awal.. Selesainya setengah jam lebih akhir. Haha.

Well, itu dia pengalaman hari pertama gue di Kamaba. Suatu hari, ketika gue udah mencoret mimpi-mimpi di poster Impian gue, note ini akan mengingatkan gue terhadap suatu masa dimana gue bukan siapa-siapa. Masa-masa yang berharga dan penuh pengalaman. Semoga esok lebih baik. Aamiin.

:D

0 comments:

Posting Komentar