Rabu, 03 Agustus 2011

Pengenalan Sistem Akademik tingkat Fakultas
FISIP UI 2011



Belum usai menikmati ibadah shaum di Bulan Ramadhan 1432 H ini, tiba-tiba sebuah informasi datang kepadaku melalui Facebook. Ya, di masa-masa awal kegiatan Mahasiswa Baru ini, keberadaan Facebook mendadak menjadi sangat penting. Banyak sekali informasi-informasi tertuang di sana, melalui grup-grup Mahasiswa Baru UI 2011. Informasi-informasi penting yang mungkin tak akan aku ketahui jika aku tidak memiliki Facebook. (Yaa, walaupun situs milik Yahudi, ternyata usefull banget lho)

Tapi sekarang kita tidak akan membahas Facebook dan Yahudi-nya. PSA tingkat Fakultas. Ya, kegiatan PSA itu mungkin lebih famous dengan kata ospek di telinga teman-teman. Apapun namanya, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan segala sesuatunya tentang Fakultas kepada seluruh Mahasiswa Baru agar lebih mudah dalam menjalani "kehidupan baru" mereka sebagai Mahasiswa Universitas Indonesia.


Kala itu hari Rabu, tanggal 3 Agustus 2011 atau 3 Ramadhan 1432 H. Ya, aku masih ingat. Tiba-tiba banyak pemberitahuan bermunculan dari grup FISIP UI 2011, salah satu grup yang aku ikuti di Facebook. Sudah beberapa pekan ini aku tidak mengunjungi grup tersebut, karena belum ada informasi-informasi penting terkait ospek di kampus. Tapi karena hari itu banyak notification dari grup, akhirnya aku membuka grup tersebut.

Dan, subhanallah. Ternyata sudah banyak sekali informasi-informasi tentang PSA tingkat Fakultas yang harus dibawa pada saat hari-H PSA. Satu thread yang cukup mengagetkanku berbunyi :

1. membuat buku angkatan yg berisi:
  a. daftar riwayat hidup (dlm bahasa inggris)
  b. esai deskripsi diri (dlm bhs inggris)
  c. daftar prestasi fisip
  d. esai kontribusi kepada fisip UI
  e. esai tokoh fisip ui
  f. esai situasi nasional

2. mendeskripsikan teman berjumlah 6 org yg berasal masing2 dari 2 suku yg berasal dr WIB, 2 suku yg berasal dari WITA , 2 suku berasal dr WIT. Masing2 satu dari reguler dan satu dari pararel, serta tidak diizinkan mewawancarai teman sejurusan anda. dikumpul tanggal 7.
 Agak sedikit tercengang aku ketika membaca akhir dari thread tersebut. Dikumpul tanggal 7. Subhanallah!

Keenam tugas tersebut berkaitan dengan dunia tulis-menulis. Dunia yang sebenarnya sangat aku senangi. Tapi, tanggal tujuh.. Terlebih ketika melihat point d, e, f. Essay. Aku belum memiliki banyak fondasi tentang dunia politik dan FISIP. Artinya, aku harus banyak membaca untuk memenuhi kemampuan menulis essay-essay tersebut.

Tapi kemudian terlintas sosok salah satu Ustadz kondang favoritku, Ustadz Abdullah Gymnastiar. Terlintas jargonnya : HHN. Hadapi, Hayati, Nikmati. Siip! Bismillahirrahmanirrahim, batinku menyeru.

Setelah melakukan beberapa kali pencarian, akhirnya aku mendapatkan informasi resmi dari panitia PSA tingkat Fakultas. Dan ternyata, tidak 'seseram' yang dikhawatirkan anak-anak pada umumnya. Mau lihat pengumumannya? Here it is....











Sorry, acak-acakan urutannya.. Hehe.. Itu di bawahnya ada halamannya kok.. :D



Berbeda dengan yang ada di Facebook. Alhamdulillah.

Itulah sedikit kisah tentang Mahasiswa Baru perantauan ini. Ya, mudah-mudahan kisah-kisahku di Kampus perjuangan ini sedikitnya bisa menginspirasi teman-teman pembaca. Aamiin.

Nantikan update selanjutnya! SemangkA..! Semangat Karena Allah..! ^^

0 comments:

Posting Komentar