Senin, 05 September 2011

Organization and Academic Training (OAT)
Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik
Universitas Indonesia



Organization and Academic Training (OAT) itu ajang pelatihan yang diadakan sama senior-senior dari HMIP buat adik-adik kelasnya. Kegiatan ini berlangsung selama empat bulan. Dan selama itu, para junior akan belajar beradaptasi dengan kegiatan keorganisasian dan kegiatan akademik di jurusan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Pertemuan pertama Pra-OAT tuh tanggal 17 Agustus 2011 lalu. Seperti training-training yang lainnya, semua junior dikasih tau tentang aturan-aturan, tentang hukuman-hukuman, dan tentang esensi dari kegiatan OAT tersebut.


Pada hakikatnya, pihak Universitas gak mewajibkan kegiatan ini buat seluruh mahasiswa Ilmu Politik. Artinya, walaupun kita gak ikutan kegiatan ini, kita tetap bisa kuliah dan menyelesaikan studi di UI. Tapii... Ada tapinya nih guyz.. Tapi kita gak akan dianggap sebagai bagian dari keluarga besar Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Indonesia. Dan itu menurut gue sangat merugikan. Ya, seenggaknya, gue jadi tau banyak tentang serba-serbi Ilmu Politik Universitas Indonesia melalui kakak-kakak di HMIP ini.

Kegiatan Pra-OAT pertama ngapain aja?

Di awal rangkaian kegiatan ini, kami semua disuruh kenalan. Penting, soalnya selama empat tahun ke depan mereka-mereka inilah yang bakal jadi keluarga gue di kampus. Yang bisa bantuin gue dan yang bisa gue bantuin.

Beres kenalan, kami langsung memilih Koordinator Angkatan buat di OAT ini. Koordinator Angkatan ini gak sama dengan Ketua Angkatan. Ketua Angkatan baru akan dipilih nanti, setelah kegiatan OAT berakhir. Harapannya, setelah mengikuti OAT selama empat bulan itu, anak-anak bisa lebih mengenal satu sama lain untuk memilih Ketua Angkatan dengan bijak. Untuk Koordinator Angkatan ini, lebih ke 'asisten' senior buat aliran informasi dari senior ke anak-anak.

Pas ditanya siapa yang mau jadi koordinator angkatan, banyak banget anak-anak yang maju. Ada kurang lebih tujuh (kalo gue ga salah itung ya.. hehe) orang yang maju ke depan untuk mengajukan diri sebagai koordinator angkatan.

Gue jadi inget pesan Abu Bakar Ash-Shidiq kepada Umar Al-Faruq. Beliau bilang, "Masalah kepemimpinan ini akan hancur oleh dua orang tipe pemimpin. Pertama, yang sangat berambisi menjadi seorang pemimpin, sedangkan dia mengetahui bahwa ada orang lain yang lebih pantas di posisi tersebut. Yang kedua, orang yang samasekali tidak mau menjadi pemimpin, sedangkan dia tahu bahwa tidak ada yang lebih pantas di posisi tersebut kecuali dia..". Mudah-mudahan ketujuh orang ini gak termasuk salah satu dari kedua karakter tersebut ya. Termasuk gue juga. Aamiin.

Beres pemilihan Koordinator Angkatan, kami langsung dibagi menjadi sebelas kelompok. Gue masuk kelompok 9. Koordinator Angkatan kita, Nindy, juga ada di kelompok sembilan. Di kelompok, gue disuruh anak-anak buat jadi Ketua Kelompok. Tugasnya kurang lebih sama kayak Koordinator Angkatan. Cuma lebih sempit. Ketua Kelompok ini berperan buat transfer info dari Koordinator ke seluruh anggota kelompoknya. Karena inget lagi sama pesan Abu Bakar di atas, utamanya kalimat kedua, gue menerima amanat itu. Bismillah...

Beres pembagian kelompok, kami langsung dihadapkan dengan kakak-kakak tibum (Ketertiban Umum) yang baiiik hati (:D) buat pengumuman tata tertib, hukuman, reward, dan tugas-tugas.

Itu aja sih yang kemarin gue alamin di Pra-OAT 1. Nothing special. Hanya saja......

Huaaa!!
Gue belom Shalat Ashar!
Waktu menunjukkan pukul setengah enam kala itu. Langsung aja, bareng temen-temen lain yang emang belom pada shalat Ashar juga, kami langsung cabut ke Mushala FISIP. Sayangnya, Mushala tersebut terkunci. Tapi untunglah, kami masih bisa shalat di selasar mushala. Aduuh.... -_-a

Astagfirullah.......

1 comments:

Anonim mengatakan...

Permisi...

Singkat saja mas, apa benar acara-acara semacam ini tidak wajib oleh universitas? Lalu apa para senior nantinya "mengintimidasi" mahasiswa baru yang tidak mengikuti acara ini secara penuh? Maksudnya tidak mengikuti acara ini secara penuh adalah tidak mengikuti seluruh rangkaian dari pra-acara hingga acara H.

Posting Komentar